free counter with statistics Inilah 5 Minuman Khas Bali Yang Seger Dan Wajib Dicoba
T2/02/2019

Inilah 5 Minuman Khas Bali Yang Seger Dan Wajib Dicoba

Iklan
Iklan

Saat mengunjungi tempat wisata populer di Bali, tentu kita akan merasa kehausan, apalagi pada saat bertandang ke tempat tersebut pada siang hari. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh warga sekitar atau investor yang menyediakan minuman pelepas dahaga untuk wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata tersebut. Untuk menambah ciri khas bali maka pihak restoran atau warung minuman menyuguhkan minuman khas Bali yang jarang ditemui di tempat lainnya di belahan bumi ini. Bagi yang kebetulan berlibur ke Bali tidak salahnya untuk mencoba beberapa minuman khas bali berikut ini.
Inilah 5 Minuman Khas Bali Yang Seger Dan Wajib Dicoba
Minuman khas Bali


1. Loloh
Loloh dalam bahasa Bali artinya jamu. Jadi dapat dikatakan bahwa loloh ini merupakan jamu khas Bali. Jamu khas Bali ini tidak seperti jamu pada umumnya yang digunakan untuk obat yang tentu rasanya pahit. Loloh ini sangat menyegarkan tenggorokan apalagi jika dicampur es, rasanya maknyus. Loloh khas Bali ada banyak jenisnya, namanya tergantung dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, seperti loloh cemcem, loloh tibah, loloh isen, loloh kayu manis, dan loloh kunyit putih. Misalnya loloh cemcem yang terbuat dari daun cemcem atau daun keloncing yang memiliki rasa asam. Loloh cemcem ini memiliki rasa yang unik, tidak hanya rasa asam, tetapi juga memiliki rasa pedas, asam, dan manis. Loloh cemecem paling mudah kita temui di DesaWisata Penglipuran yang merupakan desa terbesih di dunia lho. Sedangkan untuk loloh tibah dapat dijumpai di tempat wisata Air Terjun Pengempu di Tabanan, karena minuman ini merupakan minuman khas Tabanan. Loloh dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah, melancarkan pencernaan juga baik untuk ibu menyusui.

2. Es Daluman
Es Daluman sangat mudah dijumpai di warung makanan yang menjual makanan khas Bali seperti warung yang menjual tipat cantok. Minuman merakyat ini tidak hanya ditemukan di warung makanan tetapi juga direstoran-restoran. Daluman merupakan minuman tradisional khas Bali sejenis cincau hijau. Proses pembuatan daluman sendiri pada umumnya tidak jauh berbeda dengan dengan pembuatan cincau. Bahan untuk membuat daluman ini dari daun tumbuhan merambat yang bernama “Daluman”. Daun daluman yang sudah dibersihkan, lalu diremas-remas hingga berbusa kemudian jadi mengental, sebelum terlalu kental, daun yang telah diperas disaring sehingga daun tidak bercampur dengan adonan daluman. Agar rasanya enak daluman yang sudah kental dicampurkan dengan santan, gula aren yang sudah cair dan es maka jadilah es daluman. Minuman ini sangat pas diminum pada siang hari untuk melepas dahaga.

3. Kopi Bali
Minuman yang satu ini sangat mudah ditemui di warung-warung. Bahkan hampir sebagian besar penduduk bali khususnya yang tinggal dipedesaan meminum kopi Bali di pagi hari. Jika ada penjamuan, orang Bali tidak lupa untuk menyuguhkan kopi bali kepada tamunya. Dapat dikatakan bahwa kopi Bali tidak bisa lepas dari adat dan budaya Bali, karena hampir tiap ada upacara keagamaan seperti ngaben, potong gigi, pernikahan, dan lain sebagainya selalu menyuguhkan kopi bali kepada tamunya. Kopi bali merupakan produk kopi olahan rumah yang masih diproses secara tradisional dan proses penyangraian masih menggunakan kayu bakar sehingga menciptakan aroma harum begitu khas dan istimewa. Bagi wisatawan yang datang ke Bali dan ingin mencicipi aroma khas kopi Bali, coba datang ke tempat wisata kintamani Bali. Minuman ini sangat pas diminum pada hawa udara yang dingin karena mampu menghangatkan badan, seperti di tempat wisata Kintamani dan Bedugul yang memiliki hawa udara yang cukup dingin.

4. Es Kelapa Muda
Minuman air kelapa muda ini menjadi salah satu kuliner yang sangat diburu oleh wisatawan yang datang ke Bali untuk menghilangkan rasa haus pada musim panas. Minuman favorit ini sangat mudah didapatkan di sejumlah pantai di Bali dan tempat wisata populer di Pulau Dewata, bahkan minuman yang menyegarkan ini sangat mudah ditemukan dipinggir jalan. Proses pembuatan minuman khas Pulau Dewata ini sangat mudah sekali, air kelapa muda dicampur dengan air gula dan madu serta di isi daging kelapa muda untuk menambah cita rasa kelapanya. Biar tambah seger biasanya di isi perasan jeruk nipis, dijamin rasanya maknyus.

5. ES Tambring
Minuman yang satu ini wajib dicoba ketika berlibur ke Bali pada saat cuaca terik. Apalagi saat berlibur ke pantai pasir putih yang sangat cantik pada siang hari, tentu hawa udaranya sangat panas. Es Tambring siap “menemani” liburan di pantai sambil rebahan berteduh di payung pantai. Es Tambring merupakan minuman khas Bali yang terbuat dari serutan kelapa muda dikombinasi dengan asam jawa dan gula merah. Rasa segar dari air kelapa dengan tambahan sirup asam jawa yang dicampur putih telur membuat minuman ini terasa unik. Walaupun dicampur dengan putih telur, rasanya tidak amis lho, karena rasa amisnya sudah dinetralkan oleh rasa asam jawa. Akan sangat mantap rasanya jika ditambahkan dengan es batu.
Iklan