free counter with statistics Taman Janggan Renon, Tempat Wisata Untuk Anak Di Bali
T2/01/2019

Taman Janggan Renon, Tempat Wisata Untuk Anak Di Bali

Iklan
Iklan
Bagi yang tinggal di seputaran Kota Denpasar, kini tidak perlu bingung mencari tempat berlibur untuk anak-anak karena pemerintah Kota Madya Denpasar sudah menyediakan fasilitas bermain untuk anak-anak yang bernama “Taman Janggan”. Area bermain Taman Janggan ini berlokasi di Jalan Raya Puputan No.10, Desa Sumerta Kelod, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali. Lokasinya yang dekat dengan Monumen Bajra Sandi (berjarak sekitar 800 meter ke timur) membuat kawasan ini selalu ramai dikunjungi warga sekitar, khususnya orang tua yang mengajak anak-anaknya.
Taman Janggan Renon, Tempat Wisata Untuk Anak-Anak Di Bali
Taman Janggan Renon

Taman yang sudah diresmikan oleh Wakil Gubernur Bali Drs. Ketut Sudikerta pada tanggal 6 Januari 2017 ini memiliki area bermain yang cukup luas dan ada banyak pilihan wahana bermain untuk anak-anak seperti istana permainan lengkap dengan tangga, area memanjat, prosotan, ayunan, hide and slide, dan jungkat-jungkit yang ada pernya. Wahana prosotan yang berada di Taman Janggan ini diberi cat warna-warni sehingga areal taman bermain ini sangat menarik bagi anak-anak. Bermain di taman ini bisa juga melatih kemampuan motorik anak karena anak-anak akan aktif bergerak.

Selain itu, di seputaran taman ini ada fasilitas olah raga untuk umum, tentunya tempat ini akan sangat ramai dikunjungi oleh warga sekitar pada pagi hari atau sore hari yang ingin memeras keringat. Apalagi kawasan taman bermain anak memiliki lingkungan yang cukup asri yang di kelilingi pepohonan taman yang hijau, sehingga hawa udara di sini sangat sejuk walaupun pada siang hari. Biasanya tempat ini akan penuh kunjungan pada akhir pekan dan waktu kunjungan yang ramai adalah pagi dan sore hari. 

Walaupun lokasinya berada di pinggir jalan jurusan Sanur menuju pusat Kota atau sebaliknya yang selalu dipadati kendaraan yang lalu lalang, namun taman ini cukup aman bagi anak-anak karena sudah dikelilingi pagar pengaman, jadi untuk anak yang berusia di bawah sepuluh tahun tidak mungkin meloncati pagar, sehingga tempat ini bisa menjadi alternatif bagi warga Kota Denpasar yang memiliki anak kecil. Waktu admin melewati kawasan ini, terlihat anak-anak sedang asik bermain menikmati wahana yang tersedia, terlihat juga orang tua yang mengawasi anak-anaknya bermain dan ada lagi yang duduk-duduk di atas hamparan karpet busa warna-warni sambil bermain hp. Untuk menjaga kebersihan, pengunjung yang memasuki areal playground Taman Janggan ini diharapkan untuk melepas alas kaki, karena sudah tersedia tempat penitipan alas kaki.

Selain sebagai tempat bermain untuk anak-anak, areal Taman Janggan juga menjadi salah satu tempat latihan kebugaran alias nge-gym untuk orang dewasa di Kota Denpasar, sehingga dapat dikatakan bahawa Taman Janggan merupakan salah satu tempat fitnes outdor di Bali. Jadi, bagi yang tinggal di seputaran Kota Denpasar tidak perlu keluar biaya untuk nge-gym, karena nge-gym di Taman Janggan tidak dipungut biaya alias gratis. Di sini tersedia alat-alat olahraga seperti sepeda udara (air walker), alat bantu sit up (double sit up board), horse rider machine dan elliptical machine. Bahkan tempat ini menyediakan fasilitas jogging track dan jalur bebatuan untuk refleksi kaki yang lokasinya berada di bagian barat dari Taman Janggan ini. Lokasi ini sangat diminati pengunjung, bahkan hingga jam 11 malam tempat ini ada saja yang memanfaatkannya, apalagi kawasan ini sudah tersedia penerangan yang cukup memadai.


Selain Taman Janggan, pemerintah Kota Denpasar juga menyediakan wahana bermain untuk anak-anak di tempat lainnya seperti wahana bermain anak di Lapangan Puputan Badung dan wahana bermain di Taman Kota Denpasar atau Lapangan Lumintang.
Iklan