free counter with statistics Inilah 10 Desa Wisata Di Bali Utara Yang Wajib Dikunjungi
T11/15/2019

Inilah 10 Desa Wisata Di Bali Utara Yang Wajib Dikunjungi

Iklan
Iklan

Kabupaten Buleleng dikenal dengan sebutan Bali Utara karena letak kabupaten ini berada di bagian utara Pulau Bali. Perlu diketahui bahwa tidak semua wilayah di kabupaten Buleleng disebut dengan Bali Utara misalnya wilayah kecamatan gerokgak dikenal denga sebutan Bali Barat karena lokasinya berada di ujung barat pulau Bali.
Inilah 10 Desa Wisata Di Bali Utara Yang Wajib Dikunjungi
Pantai di Bali Utara

Bali Utara juga mengembangkan pariwisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Salah satunya dengan cara memanfaatkan potensi desanya dengan membentuk desa wisata. Tentunya tiap-tiap desa wisata di Bali Utara memiliki daya tarik wisata yang berbeda dari desa wisata lainnya sehingga kunjungan wisatawan ke Bali utara akan meningkat karena tidak mengunjungi tempat wisata yang monoton.

Bagi yang ingin mencari desa wisata di Bali Utara, admin rekomendasikan untuk mengunjungi beberapa desa wisata di bali utara berikut ini.

1. Desa Wisata Sembiran
Desa wisata yang satu ini berada di kecamatan Tejakula. Desa wisata Sembiran ini memiliki rumah tua dan Seni Gandrung sebagai warisan budaya yang menjadi daya tarik wisatawan. Bagi wisatawan yang ingin tinggal lebih lama, di Desa Sembiran juga sudah terdapat penginapan, sehingga wisatawan bisa merasakan suasana pedesaan baik malam hari maupun siang hari. Selain memiliki wisata budaya, desa ini juga memiliki bentang alam yang sangat indah karena letaknya di dataran tinggi dengan pesona perkebunan rakyat yang menghijau.

2. Desa Wisata Gitgit
Desa Gigit terkenal dengan keindahan air terjunnya yang banyak diburu oleh wisatawan yang berlibur ke Bali Utara, misalnya air terjun Gitgit, air terjun Kembar, dan air terjun Bertingkat. Bagi yang suka dengan wisata petualangan, di desa Gitgit juga memiliki wisata trekking yang menyusuri perkebunan rakyat, air terjun dan ngarai yang sangat indah.

3. Desa Wisata Sambangan
Di desa wisata Sambangan terkenal dengan pesona air terjunnya yang masih alami, bahkan di sini terdapat 7 titik air terjun yang sangat keren yakni air terjun Aling-Aling, Kroya, Dedari, Canging, Kembar, Pucuk, dan Cemara. Untuk menikmati pesona air terjun tersebut dapat dilakukan dengan kegiatan trekking menyusuri perkebunan warga dan persawahan yang menghijau. Di desa ini juga telah dibangun atraksi wisata buatan yakni Krisna Adventure dan Alam Sambangan.

4. Desa Wisata Ambengan
Desa wisata Sambangan memiliki daya tarik wisata alam, seperti air terjun Gunung Sari dan air terjun Jembong. Selain memiliki pesona air terjun yang sangat indah, desa wisata Sambangan juga memiliki persawahan yang terrasering dan perkebunan rakyat yang bisa digunakan untuk kegiatan trekking. Daya tarik wisata budaya yang cukup dikenal di desa wisata Sambangan adalah Joged Wendi Budaya.

5. Desa Wisata Bebetin
Desa Bebetin memiliki daya tarik wisata alam air terjun yakni Air Terjun Teja. Air terjun ini menawarkan panorama alam sangat indah dan eksotik, bebatuan tersusun rapi menyembul diantara air yang berwarna kebiruan. Selain itu, desa wisata ini juga menawarkan pesona perbukitan, persawahan dan perkebunan rakyat yang cukup diminati wisatawan. Desa Bebetin juga memiliki atraksi wisata budaya berupa Sapi Gerumbungan.

6. Desa Wisata Munduk
Daya tarik wisata yang terdapat di desa Munduk adalah hutan lindung, air terjun Melanting, air terjun Tutub, dan perkebunan rakyat. Selain itu, desa ini mengembangkan wisata trekking dengan mengunjungi beberapa tempat wisata yang sangat indah. Sementara daya tarik wisata budaya yang unik di desa wisata Munduk adalah tradisi Nyakan Diwang yang dilaksanakan setiap tahun, tepatnya sehari setelah perayaan Nyepi.

7. Desa wisata Kalibukbuk
Daya tarik wisata di Desa Kalibukbuk adalah Pantai Lovina yang terkenal dengan atraksi lumba-lumba liarnya sebelum matahari terbit, bahkan ikan lumba-lumba menjadi ikon pantai ini. Tidak mengherankan jika di kawasan pantai ini dibuatkan patung lumba-lumba. Selain itu, pantai Lovina juga merupakan spot yang bagus untuk menyelam, karena bawah lautnya terdapat terumbu karang yang dihuni oleh ikan hias. Selain pantai, desa ini juga memiliki situs sejarah berupa Candi Budha.

8. Desa Wisata Gobleg
Desa Globleg terkenal dengan perkebunan rakyatnya berupa kopi. Di desa ini juga terdapat air terjun Melanting. Selama perjalanan menuju air terjun ini para wisatawan akan disuguhkan dengan panorama alam yang hijau dan asri. Untuk menunjang kegiatan pariwisata di desa ini sudah tersedia fasilitas pendukung seperti vila, homestay dan rumah makan.

9. Desa Wisata Pancasari
Desa wisata Pancasari memiliki daya tarik wisata utama yakni Danau Buyan yang memiliki pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk dan dikembangkan menjadi tempat kemah (bumi pekemahan) yang sangat diminati oleh wisatawan. Di sini terdapat wisata selfie yang kini sedang tren, yang banyak diserbu oleh kaum muda. Bagi yang suka main golf, di sini sudah ada fasilitas untuk bermain golf di Hotel Bali Handara.

10. Desa Wisata Wanagiri
Spot wisata yang paling keren di desa wisata Wanagiri adalah pesona danau kembarnya yakni Danau Tamblingan dan Danau Buyan. Desa ini juga memiliki wisata agro dan wisata selfie, sehingga wisatawan berkunjung dapat melaksanakan kegiatan trekking dan photo selfie.

Nah itu beberapa desa wisata di Bali Utara yang wajib untuk dikunjungi ketika berlibur ke Bali, khususnya ke Bali Utara.
Iklan