T11/13/2014

Tempat Wisata Patung Makepung Jembrana Bali

Jika Anda melewati jalan raya jalur Denpasar-Gilimanuk dan melewati perbatasan antara Kabupaten Jembrana dengan Kabupaten Tabanan, maka Anda akan melihat sebuah patung yang berada disebelah kiri jalan raya (jika Anda datang dari area Tabanan). Patung itu namanya patung Makepung. Patung Makepung ini berada di wilayah kabupaten Jembrana, karena tradisi makepung merupakan maskot dari kabupaten tersebut. Patung ini tepatnya berada di peristirahtan Pantai Yeh Leh yaitu Desa Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Bali. 
Patung Makepung di perbatasan Jembrana-Tabanan
Patung Makepung sebelum dicat warna cokelat 
Kata makepung itu berasal dari bahasa Bali yang artinya berkejar-kejaran. Makepung atau balap kerbau, atau istilah asingnya sering disebut bullrace ini, merupakan balapan yang terdiri dari dua sampai tiga pasang kerbau jantan yang masing-masing menarik satu pedati kecil. Tradisi Makepung ini berawal dari kegiatan petani pada zaman dulu saat mereka mengangkut hasil panen dari sawah sampai ke rumah.
Tempat Wisata Patung Makepung Jembrana Bali
View di tempat wisata patung makepung pada pagi hari

Saat berangkat ke sawah, pedati yang belum terisi muatan hasil panen akan terasa lebih ringan ditarik oleh pasangan kerbau tersebut. Di sinilah sang kusir pedati mulai saling memacu kerbaunya hingga iring-iringan tersebut berubah menjadi ajang balap pedati menuju ke lokasi panen (sawah). Karena ini sangat menarik maka pasca panen petani mengadakan balapan makepung sekaligus sebagai wujud syukur kepada Tuhan akan karunianya berupa hasil panen. Kemudian balapan tersebut dilakukan secara turun temurun sehingga menjadi sebuah tradisi Makepung di Kabupaten Jembrana. 
Tempat Wisata Patung Makepung Jembrana Bali
Patung makepung setelah dicat warna cokelat
Karena tradisi makepung ini merupakan maskot dari kabupaten jembrana, maka pemerintah kabupaten Jembrana mendirikan patung makepung di perbatasan antara kabupaten Jembrana dengan kabupaten Tabanan. Patung ini mengisahkan kegiatan lomba balapan kerbau (makepung) yang dilakukan oleh dua pasang kerbau dengan dua orang joki. Di tempat wisata patung Makepung ini Anda bisa menyaksikan laut lepas dengan pantainya yang masih alami. Tempat ini sangat bagus dijadikan tempat peristirahatan karena tidak jauh dari lokasi patung itu berdiri terdapat tempat beristirahat dengan tempat duduk yang sudah tertata dengan rapi. Selain itu, di kawasan ini juga sudah tersedia area parkir yang cukup luas sehingga Anda tidak perlu khawatir akan masalah tempat parkir. 
Area parkir di pantai yeh leh
Area parkir di Pantai Yeh Leh

Hampir setiap hari ada saja orang yang berhenti dilokasi ini, baik itu untuk sekedar melepaskan lelah maupun untuk berfoto-foto untuk mengabadikan keindahan alam pantainya. Jika Anda ingin menikmati santapan, maka tidak jauh dari patung itu juga tersedia warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman seperti snack (makanan ringan), bakso, minuman dingin, dan es kelapa muda. Jadi tempat ini sangat bagus dijadikan tempat melepaskan lelah karena perjalanan yang sangat jauh.

pantai yeh leh
View di pantai Yeh Leh

Selain objek wisata patung makepung, kabupaten jembrana banyak memiliki tempat wisata seperti Pantai Candi Kusuma, Pantai Baluk Rening, Bendungan Palasari, Bendungan Benel, dan lain sebagainya.

0 Response to "Tempat Wisata Patung Makepung Jembrana Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif