free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Baluk Rening Jembrana Bali
T11/07/2014

Tempat Wisata Pantai Baluk Rening Jembrana Bali

Tempat Wisata Pantai Baluk Rening => Salah satu objek wisata di Bali Barat yang patut anda kunjungi selain Pantai Yeh leh dan Pantai Candi Kusuma yakni Pantai Rening. Pantai Rening terletak di Banjar Rening, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali. Karena lokasinya di Desa Baluk maka pantai Rening lebih populer dengan nama Pantai Baluk Rening.


Untuk mengakses pantai ini sangat mudah karena jalan untuk menuju pantai ini sudah diaspal sehingga bisa dilalui dengan sepeda motor, mobil, bahkan bus pariwisata. Jika Anda datang dari Kota Negara (Ibu kota Kabupaten Jembrana) arahkan kendaraan Anda menuju ke barat melalui jalan utama jalur Gilimanuk – Denpasar, nanti di desa Banyu Biru akan menemukan plang menuju Cupel dan Pengambengan, maka belokkan kendaraan Anda kiri. Telusuri jalan tersebut nanti akan menemukan plang penunjuk arah untuk menuju pantai Rening. Ikuti petunjuk arah tersebut maka Anda akan sampai di Pantai Baluk Rening.
 Tempat Wisata Pantai Baluk Rening
Jika Anda datang dari Denpasar diperlukan waktu lebih kurang 2 jam dengan jarak tempuh kira-kira 105 km perjalanan dan jika Anda datang dari pelabuhan Gilimanuk maka dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 30 km dengan waktu tempuh kurang lebih dari 30 menit.

Tidak seperti pantai-pantai yang ada di Bali Selatan (misalnya pantai Kuta, Pantai Nusa Dua, Pantai Muaya, dan lain-lain) yang berpasir putih, akan tetapi Pantai Baluk Rening memiliki pasir berwarna hitam. Konon katanya pasir dan air laut yang ada di pantai ini mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti rematik atau asam urat. Sehingga banyak sekali penduduk setempat yang melakukan kegiatan berendam air laut di pantai ini, bahkan ada beberapa pengunjung yang melakukan kegiatan menimbun diri setengah badan dengan menggunakan pasir yang ada di pantai ini.
 Tempat Wisata Pantai Baluk Rening Jembrana Bali
Tidak hanya kahsiatnya yang mampu menghilangkan beberapa penyakit, objek wisata pantai baluk rening juga memiliki pemandangan yang indah. Anda akan disuguhkan dengan suasana pantai yang tenang dengan ombak yang tidak begitu besar. Sehingga pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan pada pagi dan sore hari, di sore hari dari pantai ini wisatawan dapat menyaksikan matahari tenggelam dibalik cakrawala.
 Tempat Wisata Pantai Baluk Rening Jembrana Bali
Untuk mendukung sektor kepariwisataan disekitar pantai ini terdapat hotel, cafe, arena motor cross, restaurant, warung menjual makanan dan minuman serta area parkir yang cukup luas. Jadi, bagi Anda yang ingin bermalam saat mengunjungi Objek Wisata Pantai Baluk Rening Jembrana Bali ini tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada fasilitas yang cukup baik sehingga kenyamanan anda pada saat berkunjung ke pantai iniakan terjamin.

Ombak di pantai Baluk Rening ini juga tidak terlalu besar, jadi aman buat Anda para wisatawan yang ingin bermain air di pantai ini. Jika Anda ingin menikmati olahraga air seperti bermain kano maka datanglah pada hari libur (misalnya hari minggu), karena penyedia jasa sewa kano akan beroperasi pada hari-hari libur saja. Biaya untuk menyewa kano di pantai ini sebesar Rp 5000,00.

Walaupun pantai ini ombaknya tidak terlalu besar, akan tetapi pada musim-musim tertentu pantai ini juga memiliki ombak yang sangat besar sehingga bibir pantai ini terkena abrasi. Untuk mencegah terjadinya abrasi maka pemerintah setempat melakukan antisipasi dengan cara membuat tanggul penahan abrasi yang tidak menghilangkan keindahan pantai ini. Selain sebagai penahan abrasi, tanggul penahan ini juga dapat digunakan sebagai tempat jalan-jalan menyusuri bibir pantai pada sore hari.
Tempat Wisata Pantai Baluk Rening Jembrana Bali
Tanggul penahan abrasi sekaligus sebagai tempat jalan-jalan

Nah itu sekilas tentang Tempat Wisata Pantai Baluk Rening di Jembrana Bali. Selain pantai Baluk Rening, Kabupaten Jembrana juga memiliki objek wisata yang lainnya dan tidak kalah menariknya, seperti Pantai Candi Kusuma, Bendungan Palasari, Bendungan Benel, Pantai Yeh Leh dan lain sebagainya.