free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Segara Kusamba Klungkung
T7/31/2016

Tempat Wisata Pantai Segara Kusamba Klungkung

Iklan
Iklan
Ingin menikmati suasana pantai dengan aktivitas para nelayannya yang sedang bongkar muat dari hasil mengarungi lautan? Coba datang ke pantai Segara di Desa Kusamba, Kabupaten Klungkung. Di sini kita akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang alami dan asri dengan ombaknya saling kejar mengejar plus dengan aktivitas penduduknya sebagai nelayan. Pantai yang berpasir hitam ini diberi nama pantai Segara karena tidak jauh dari kawasan pantai ini berdiri sebuah tempat suci yang bernama Pura Segara. Untuk mengingat nama pantai ini maka pantai ini diberi nama dengan nama tempat suci tersebut.
Tempat Wisata Pantai Segara Kusamba Klungkung
Pantai Segara Kusamba Klungkung
Suasana pantai yang tenang akan membuat kita betah untuk duduk berlama-lama di pinggir pantai sambil menikmati indahnya alam sekitar pantai. Kita akan melihat gugusan kepulauan Nusa Penida di seberang lautan. Pantai ini membentang dari tenggara ke arah barat laut sehingga dari pantai kita akan melihat Gunung Agung dikejauhan. Sama seperti pantai di kawasa Sanur, pantai Segara Kusamba ini merupakan pantai matahari terbit. Jadi jika ingin merasakan sensasi matahari terbit di pantai ini, datang ke pantai ini menjelang subuh.

Aktivitas yang mungkin bisa dilakukan di pantai ini yakni berfoto, memancing, bermain bola, dan berjemur. Tidak disarankan mandi di kawasan ini karena pantai ini memiliki ombak yang besar dan arus lautnya yang deras. Jika ingin berfoto-foto bisa memanfaatkan kapal atau jukung yang berada di pinggir pantai sebagai pelengkap objek foto Anda.

Tidak hanya terdapat sebuah tempat suci, di kawasan pantai Segara juga terdapat tempat memproduksi pindang. Pindang (dalam bahasa Bali disebut Be Pindang) merupakan hasil olahan ikan dengan cara kombinasi perebusan (pemasakan) dan penggaraman. Produk yang dihasilkan merupakan produk awetan ikan dengan kadar garam rendah. Jenis ikan yang dipindang bermacam-macam yakni tongkol, cakalang, slengseng, lemuru, dan krincing. Kita juga bisa melihat secara langsung proses produksi pindang tersebut dan membelinya secara langsung di sana. Tentu harga pindang di sana lebih murah karena kita membeli secara langsung di tempat proses produksinya.

Kita juga bisa membeli ikan segar yang belum dipindang dari nelayan setempat. Jika ingin membeli ikan segar, coba untuk datang sekitar jam 9 pagi. Jika datang agak siang, maka ikan yang ditangkap oleh para nelayan sudah habis dijual, karena kebutuhan ikan di tempat pemindangan ini mencapai 20 ton perharinya. Dengan adanya produksi pemindangan ini, diharapkan mampu menunjang perekonomian masyarakat setempat khususnya yang bekerja sebagai nelayan.

Tidak hanya di klungkung saja terdapat pantai yang bernama pantai Segara, di kawasan Desa Sanur juga terdapat pantai yang bernama Pantai Segara Ayu. Selain itu, di kawasan Bali Selatan yang lokasinya di samping bandara Ngurah Rai juga terdapat pantai dengan nama Pantai Segara. Pantai Segara yang berada di samping landasan pacu pesawat di Bandara Ngurah Rai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Jerman (silahkan baca juga: tempat wisata pantai Jerman dan pantai segara Ayu Sanur)

Lokasi dan Cara Akses Tempat Wisata Pantai Segara Kusamba

Pantai Segara Kusamba berada di Jalan Pura Segara, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali. Dari pusat kota Semarapura hanya berjarak sekitar 7,5 km, sedangkan jika dari Kota Denpasar berjarak kira-kira 33 km. Dari Bandara Ngurah Rai menempuh jarak sekitar 46 km atau dengan waktu tempuh sekitar 57 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Adapun rute perjalaanan yang bisa dilalui untuk menuju tempat wisata pantai Segara Kusamba dari BandaraNgurah Rai yakni sebagai berikut. Begitu keluar dari kawasan Bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan menuju jalan Tol bali Mandara hingga ke Jalan By Pass Ngurah Rai – Sanur. Dari Jalan By Pass Ngurah Rai – Sanur arahkan kendaraan ke timur hingga ke tempat wisata Patung Titi Banda. Dari Patung titi Banda arahkan kendaraan ke timur ke Jalan By Pass Ida Bagus Mantra hingga ke perempatan Gunaksa – Goa Lawah – Kusamba (terdapat trafic light). Di permpatan ini belok ke kanan untuk menuju Jalan Kusanegara. Di sebuah pertigaan tepat di depan kantor Polisi Kusamba belok kiri, dan ikuti jalan tersebut maka Anda sudah sampai di Pantai Segara Kusamba.
Iklan