T2/09/2017

Tempat Wisata Air Terjun Pengempu Tabanan Bali

Bagi para pemburu tempat wisata di Bali jika kebetulan travelling ke tempat wisata Alas Pala Sangeh (Monkey Forest Sangeh) atau Taman Mumbul Sangeh, coba sempatkan nikmati pesona keindahan air terjun Pengempu. Jika menggunakan kendaraan bermotor, hanya memerlukan waktu 6 menit perjalanan lho. Sungguh dekat bukan?

Air terjun Pengempu merupakan salah satu air terjun yang tersembunyi di kabupaten Tabanan. Tidak seperti air terjun Tegenungan yang selalu ramai pengunjungnya, justru air terjun Pengempu masih realtif sepi dari pengunjung, hal ini disebabkan karena belum begitu terkenalnya tempat wisata ini. Pengunjung kebanyakan wisatwan lokal yang kebetulan berlibur ke tempat wisata di sekitarnya, seperti wisata lembah tanah wuk, monkey forest Sangeh, dan taman mumbul sangeh.
Tempat Wisata Air Terjun Pengempu Tabanan Bali
Air Terjun Pengempu

Keunikan dari air terjun pengempu yakni air tejun ini seperti dihimpit dua buah tebing batu yang sangat kokoh. Air terjun ini hampir mirip seperti air terjun DusunKuning Bangli. Suasana sekitar air tejun masih sangat alami dengan pepohonan rindang dan menghijau, ditambah dengan gemericik suara aliran sungai, sungguh pemandangan yang menenangkan pikiran. Jadi tempat ini sangat cocok digunakan untuk refreshing dari hingar bingar perkotaan.

Jika ingin menikmati sensasi sejuknya air di air terjun pengempu ini, kita bisa berendam di kolam yang berada tepat jatuhnya air terjun ini. Jangan takut tenggelam, karena kolam ini tidak terlalu dalam dan tentunya air di kolam ini cukup jernih. Selain berendam, air terjun ini kerap digunakan sebagai latar untuk berfoto selfi oleh para mud-mudi. Sehingga tidak mengherankan jika sebagian besar pengunjung ke air terjun ini muda-mudi. Tentunya air terjun ini akan ramai dikunjungi oleh muda mudi pada hari libur sekolah.
Air Terjun Pengempu Tabanan Bali
Air Terjun Pengempu
Jika berkunjung ke air terjun ini jangan lupa membawa minuman, apalagi jika berkunjung pada siang hari, tentu kita akan kehausan karena kita akan melewati ratusan anak tangga. Tetapi jangan khawatir, jika tidak sempat membawa minuman dari rumah, kita bisa membelinya dari pedagang di sekitar air terjun. Di sini kita juga bisa membeli minuman khas Tabanan yakni Loloh Tibah. Jika kita akan membeli minuman pasti akan ditawari minuman khas yang satu ini.

Loloh Tibah hampir mirip seperti loloh cemcem yang biasa kita jumpai di tempat wisata penglipuran Bangli. Hanya saja seperti namanya (tibah dalam bahasa bali artinya mengkudu), loloh tibah terbuat dari buah mengkudu yang dicampur dengan bahan lainnya seperti gula merah, asam jawa, dan bahan lainnya sehingga memiliki cita rasa yang khas.

Untuk memasuki kawasan tempat wisata air terjun pengempu ini kita tidak dikenakan biaya. Hanya cukup membayar parkir kendaraan sebesar Rp 1.000 per motor dan kotak donasi untuk siapa yang ingin menyumbang untuk perawatan fasilitas di air terjun pengempu ini.

Lokasi dan Cara Akses Air Terjun Pengempu

Lokasi tempat wisata air terjun Pengempu berada di Jalan Seribupati, Desa Cau Belayu, Kecamatan Marga, Tabanan, Bali. Dari objek wisata Alas Pala Sangeh hanya menempuh jarak 2,4 km (6 menit perjalanan), dari objek wisata taman Mumbul hanya menempuh jarak 2,8 km (6 menit perjalanan), dari objek wisata lembah Tanah Wuk hanya menempuh jarak 2,2 km (5 menit perjalanan), dari pusat kota Denpasar hanya berjarak 24,2 km (52 menit perjalanan) dan dari Bandara Ngurah Rai hanya berjarak 36,8 km (82 menit perjalanan). Jarak dan waktu perjalanan dengan kendaraan bermotor berdasarkan versi Google Map.
Adapun akses menuju tempat wisata air terjun pengempu sebagai berikut. Setelah melewati perempatan menuju objek wisata Sangeh, jika belok ke kiri akan menuju objek wisata sangeh dan jika belok ke kanan akan menuju tempat wisata taman mumbul, kita ambil jalan lurus dan akan bertemu pertigaan, lalu ambil jalan ke kiri menuju jembatan Sangeh. Setelah dari jembatan, kira-kira 200 meter akan sampai di perempatan. Kemudian di perempatan tersebut belok ke kanan, masuk ke Desa Cau Belayu. Kira-kira lagi 200 meter akan menemukan penanda bertuliskan “Air Terjun Pengempu”, dari sana ambil ke arah kanan. Dari sana tinggal lurus, lalu di kanan jalan akan menemukan pagar besi, sebagai pintu masuk ke lokasi air terjun.

Setelah memasuki pagar besi, kita akan menuruni ratusan anak tangga. Sesampainya di bawah, ambil jalan tanah ke kiri, itulah akses menuju Air Terjun Pengempu. Dengan mengikuti jalanan tanah ke kiri tersebut, maka kemudian akan tiba di spot air terjun yang dimaksud.

Bagaimana?Anda tertarik mengunjungi tempat wisata air terjun pengempu? Selain bisa menikmati indahnya air terjun, kita juga bisa berwisata sejarah, karena tidak jauh dari lokasi air terjun terdapat sebuah goa yang digunakan oleh para pejuang untuk membebaskan bangsa ini dari para penjajah. Masayarakat setempat menyebut goa ini dengan nama Goa Perjuangan. Silahkan baca juga tempat wisata di Bali lainnya.

0 Response to "Tempat Wisata Air Terjun Pengempu Tabanan Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif