free counter with statistics Inilah 6 Tempat Wisata Sawah Yang Terkenal Di Bali
T12/11/2018

Inilah 6 Tempat Wisata Sawah Yang Terkenal Di Bali

Iklan
Iklan

Efek dari perkembangan dunia pariwisata yang berkembang sangat pesat membuat banyak lahan pertanian tergerus beralih fungsi. Padahal sektor pertanian mampu menunjang sektor pariwisata lho. Ini terbukti dengan banyaknya bermunculan wisata argo di berbagai daerah di Bali. Selain wisata argo, banyak areal persawahan di Bali mampu mendatangkan ribuan turis tiap tahunnya. Banyaknya minat para turis untuk mengunjungi sawah di Bali tidak terlepas dari peran masyarakat yang tetap melestarikan lahan persawahannya hingga tetap eksis. Bahkan beberapa dari lahan persawahan tersebut kini menjadi tempat wisata yang terkenal dan banyak diburu oleh wisatawan untuk menikmati pesonanya. Berikut admin bagikan 5 tempat wisata sawah yang terkenal di Bali yang menjadi incaran para travelers.
Panorama areal sawah di Bali

1. Jatiluwih
Jatiluwih merupakan nama sebuah desa di Kabupaten tabanan yang berada di kaki Gunung Batukarau. Desa yang berkembang menjadi desa wisata ini memiliki areal persawahan yang sangat luas. Perlu diketahui bahwa Desa Jatiluwih telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia sejak tanggal 29 Juni 2012. Dipilihnya Jatiluwih sebagai warisan budaya dunia karena desa ini mempunyai keunikan dan ciri khas pada sistem pertaniannya yang dikenal dengan sistem Subak. Di mana sistem subak tersebut menggunakan konsep filosofi Tri Hita Karana (filosofi tentang keseimbangan antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam, serta manusia dengan Tuhan).

Desa jatiluwih kini menjadi tempat wisata yang terkenal dan populer di Bali. Banyak agen perjalanan yang menjadawalkan perjalanannya ke desa wisata jatiluwih. Panorama yang disajikan oleh desa ini benar-benar memukau mata dengan areal persawahan yang luas dan berundak-undak (terasering). Untuk menikmati panorama keindahan persawahan, pengunjung bisa melakukan kegiatan treking bersama keluarga maupun teman. Sejauh mata memandang hanya persawahan hijau nan asri yang bisa dilihat. Akan sangat baik jika berkunjung ke kawasan ini pada saat musim cocok tanam, karena pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan para petani yang sedang melakukan aktivitasnya seperti membajak sawah, menanam padi, dan lain sebagainya.

2. Ubud
Ubud terkenal dengan wisata seni dan budaya, ini terbukti dengan banyak berdirinya museum-museum seni, baik itu seni lukis, seni pahat, dan seni tari. Selain itu, Ubud juga sering mengadakan pergelaran seni, salah satunya seni tari kecak dan barong di Puri Saren Ubud dan di stage Pura Taman Saraswati Ubud. Selain sebagai tempat wisata seni dan budaya di Bali, ternyata Ubud juga memiliki areal persawahan yang masih asri dan hijau. Keindahan sawah di Ubud dapat dilihat dalam Film Holywood yang berjudul “Eat Pray Love” yang dibintangi artis Julia Roberts. Dalam film tersebut terlihat hamparan persawahan yang luas dengan burung-burung bangau putih yang terbang disekitar areal persawahan, sungguh pemandangan yang indah. Tidak hanya bisa dilihat dalam film doang lho, wisatawan bisa melihat secara langsung panorama sawah-sawah tersebut di desa Ubud. Apalagi kawasan Ubud banyak destinasi wisata yang terkenal dan populer lainnya, seperti bukit cinta Ubud dan ubud monkey forest. Tentunya lburan ke Ubud tidak akan membosankan.

3. Ceking Rice Terrace
Tempat wisata sawah yang terkenal di Bali berikutnya ada di kecamatan Tegallalang, kabupaten Gianyar yang bernama “Ceking Rice Terrace” atau ada juga yang menyebutnya dengan nama “Tegallalang Rice Terrace”. Tempat wisata yang dekat dengan Ubud Bali ini menawarkan pesona pemandangan sawah berundak-undak yang masih alami dengan petak-petak sawah bertingkat yang terlihat seperti tangga dengan tanaman padinya. Tegallalang Rice Terrace merupakan salah satu tempat wisata populer di Gianyar yang satu arah dengan perjalanan menuju tempat wisata Kintamani Bali. Di sini tersedia area untuk befoto-foto yang sangat keren dengan latar sawah yang berundak-undak nan hijau. Tempat wisata yang beralamat di Dusun Ceking, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali ini diminati oleh segala kalangan, baik anak muda yang gemar berfoto selfie untuk eksis di sosial media maupaun orang tua yang ingin mencari ketenangan dengan hawa udara pedesaan yang asri. Bagi yang akan berlibur ke Kintamani melalui jalur ubud jangan lupa untuk mampir ke Ceking Rice Terrace ya.

4. Pupuan panorama
Selain memiliki Jatiluwih yang sangat populer di kalangan wisatawan luar negeri, Tabanan juga memiliki tempat wisata sawah yang terkenal bernama Pupuan Panorama. Tempat wisata yang berada di Desa Wisata Belimbing ini memang terkenal dengan sawahnya yang masih asri dan luas serta berada di dataran tinggi dengan latar belakang Gunung Batukaru. Tidak hanya memiliki persawahan yang sangat luas, pupuan panorama menyuguhkan pemandangan persawahan yang terassering (berundak-undak) yang tersusun rapi dan indah. Desa ini menawarkan keindahan alam pedesaan yang cantik dan sejuk dengan beberapa pohon kelapa di sekitarnya. Tempat wisata ini dapat dijadikan pilihan alternatif mengisi liburan ke Tabanan, khususnya yang menginginkan suasana liburan yang tenang dan nyaman dengan view persawahan yang hijau.

5. Rice Terrace Ambengan
Tempat wisata sawah yang terkenal di Bali berikutnya berada di Bali Utara, tepatnya berada di Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Buleleng tidak hanya terkenal dengan tempat wisata air terjun yang alami dan indah, tetapi juga memiliki persawahan yang sangat elok dipandang mata. Apalagi letak desa Ambengan berada di perbukitan yang menghijau dan dihiasi oleh hamparan sawah yang sangat indah, membuat desa ini menjadi sangat populer di kalangan wisatawan luar negeri. Spot paling spektakuler di desa ini berada di Rice Terrace Ambengan yang menawarkan pesona areal persawahan yang berundak-undak. Tempat ini sangat instagramable banget. Bagi yang suka berfoto selfie, tempat ini admin rekomendasikan untuk dikunjungi ketika berlibur ke Bali. Apalagi tidak jauh dari desa ini ada banyak tempat wisata populer lainnya khususnya pecinta panorama air terjun.

6. Gembok Cinta Tegallalang
Tempat wisata yang satu sangat berbeda dengan tempat wisata dengan panorama sawah yang hijau di Bali. Jika tempat wisata sawah yang terkenal di Bali berupa sawah yang berundak-undak, kalau sawah yang ada di Banjar Gagah, Desa Tegalalang, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali ini tidak berundak-undak tetapi berupa hamparan persawahanya yang luas. Di sini pengelola tempat wisata ini benar-benar kreatif dalam memanfaatkan lahan persawahan. Tanpa harus mengalih fungsi lahan sawah, pengelola mampu menarik banyak kunjungan turis ke tempat wisata ini.

Dengan latar belakang persawahan yang hijau dan asri, pengelola membuat tempat selfie yang unik dan menarik yang banyak digandrungi oleh anak muda yang gemar berfoto-foto. Selain itu, di sini pengunjung bisa menyimpan kenangan dan menggembok cinta bersama pasangan dengan simbol sebuah gembok yang tinggalkan di sini, sehingga sangat tepat sekali kalau tempat ini diberi nama “Gembok Cinta Tegallalang”. Tempatnya sangat Instagramable banget lho, berfoto dengan latar belakang pemandangan sawah hijau dan asri.


Semoga dengan adanya beberapa tempat wisata sawah yang terkenal di Bali tersebut akan membuat lahan pertanian yang masih ada tidak beralih fungsi. Apalagi turis-turis asing sangat antusias sekali dalam menyaksikan para petani yang menggarap sawah, seperti membajak, menanam padi, memanen padi maupaun pelaksanaan upacara-upacara yang berkaitan dengan pertanian. Semoga ini juga dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata sawah yang terkenal di Bali. Salam longtriper
Iklan