free counter with statistics Inilah 10 Tempat Main Surfing Terbaik Di Bali
T1/23/2019

Inilah 10 Tempat Main Surfing Terbaik Di Bali

Iklan
Iklan

Seperti yang dilansir di laman wikipedia, Surfing atau Selancar merupakan sebuah olahraga yang biasanya berlangsung di atas ombak yang tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan sebilah papan sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak. Papan tersebut akan bergerak dengan menggunakan tenaga arus ombak di bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar. Adrenalin akan terpacu karena tertekan untuk mengarahkan papan selancar sekaligus menjaga keseimbangan badan. Jadi untuk bisa mengerakan papan selancar dengan baik maka perlu ombak yang sangat mendukung seperti gelombang yang tinggi dan panjang.
Inilah 10 Tempat Main Surfing Terbaik Di Bali
Tempat main surfing di Bali

Bali sebagai tujuan wisata dunia, tidak hanya memiliki pantai berpasir putih yang memukau mata, tetapi juga memiliki pantai dengan ombak yang sangat mendukung untuk kegiatan bermain surfing. Sehingga dapat dikatakan bahwa Bali merupakan surga bagi para peselancar dunia. Bahkan pada tahun 2018, Bali menjadi menjadi tuan rumah seri ke-5 kejuaraan dunia selancar dari Liga Selancar Dunia (World Surf League's) lho. Bagi yang ingin mencari tempat main surfing terbaik di Bali, berikut admin rekomendasikan untuk mencoba beberapa tempat wisata berikut ini.

1. Pantai Medewi
Pantai Medewi merupakan spot surfing paling populer di Bali Barat yang terletak di Jalan Pantai Medewi, Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Bali. Pantai ini sangat mudah untuk diakses karena dapat ditempuh dengan kendaraan bemotor hingga ke bibir pantai dan berjarak 100 meter dari jalan utama Denpasar–Gilimanuk. Jika datang dari arah Kota Denpasar, akan menempuh jarak sekitar 72 km untuk menikmati pantai ini dengan melalui jalur Denpasar –Gilimanuk. Walaupun pantai ini berpasir hitam, keindahan alam yang disajikan sangat menawan dan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung kembali ke pantai ini. Jika cuaca sangat mendukung, hampir tiap hari kawasan pantai ini tidak pernah sepi dari kunjungan para turis khususnya yang gemar bermain surfing. Spot lainnya di Bali Barat untuk bermain surfing sangat bagus berada di Pantai Yeh Leh yang terletak di perbatasan antara kabuapaten Jembrana dan Tabanan.

2. Pantai Nusa Dua
Pantai yang satu ini terletak di kawasan hotel berbintang yang sudah terkenal hingga keluar negeri. Walaupun berada di kawasan elite, untuk mengakses pantai ini tidak dipungut biaya, pengunjung hanya membayar biaya parkir saja. Di Pantai Nusa Dua banyak sekali terdapat spot untuk bermain surfing. Spot surfing yang paling populer di kawasan ini bernama Blackstone yang banyak diburu oleh para pecinta surfing, baik surfer asing maupun surfer lokal. Bagi yang tidak sempat membawa papan surfing, di sini ada jasa penyewaan papan surfing dengan harga yang terjangkau bahkan tidak jauh dari lokasi pantai terdapat wahana air yang bernama Surf & Turf Nusa Dua. Bagi yang ingin belajar main surfing, Surf & Turf Nusa Dua merupakan pilihan yang sangat tepat karena di sini tersedia wahana surf rider. Pengunjung akan dipandu oleh para instruktur ahli bagaimana cara naik di papan selancar. Surf Rider ini cukup unik, di mana wahana ini di desain mirip dengan ombak di laut yang sesungguhnya.

3. Pantai Bingin
Pantai yang tersembuyi di Bali ini juga merupakan spot surfing yang sangat ideal di Bali. Dapat dikatakan bahwa Pantai Bingin merupakan pantai surfing karena sebagian besar pengunjung ke pantai ini pecinta selancar. Wisatawan lokal jarang mengunjungi pantai ini karena aksesnya yang tergolong sulit dan jauh dari area parkir. Selain sebagai surganya surfing, pantai bingin merupakan pantai sunset yang sangat menawan. Senja hari pengunjung akan disuguhkan dengan panorama sang surya akan tenggelam di balik cakrawala dunia yang sangat indah sekali. Bagi yang ingin mendapatkan foto, bagaimana gaya saat memainkan papan selancar ditengah terjangan ombak, di sini terdapat jasa fotografer yang akan memotret aksi para surfer yang memainkan papan surfing di tengah laut. Sebagai pantai surfing, tidak akan lengkap kalau tidak ada surf camp atau surf school. Jadi di pantai bingin terdapat surf school yang akan mengajarkan cara bermain surfing yang baik dan benar khusus untuk pemula.

4. Pantai Sanur
Pantai Sanur merupakan salah satu pantai paling terkenal di Bali yang berada dekat dengan pusat Kota Denpasar. Tidak hanya menyuguhkan panorama pantai yang berpasir putih dan pesona sunrise yang sangat memukau mata. Pantai Sanur juga dikatakan sebagai surganya pecinta surfing. Salah satu spot surfing yang sangat bagus di pantai ini berada di Pantai Cemara Alit. Perlu di ketahui bahwa pantai sanur terdiri dari beberapa titik pantai. Setidaknya terdapat 10 titik pantai di kawasan Sanur mulai dari pantai Matahari Terbit di timur hingga Pantai Pengembak di bagian baratnya. Hanya saja untuk bisa memainkan papan surfing, para surfer harus ke tengah laut terlebi dahulu yang jaraknya lumayan jauh dari bibir pantai. Untuk menjangkaunya, bisa juga menggunakan jasa perahu nelayan milik warga setempat.

5. Pantai Padang Padang
Pantai Padang-Padang lokasinya masih berdekatan dengan pantai Bingin yang berjarak sekitar 2,4 km. Jika akses pantai bingin yang jauh dari area parkir, justru pantai padang-padang kebalikannya, pantai ini sangat dekat dengan area parkir, sehingga pengunjungnya tidak pernah sepi setiap harinya. Tidak hanya diburu para traveler yang ingin menikmati pesona matahari terbenamnya, pantai padang padang juga menjadi incaran para surfer kelas dunia lho. Bahkan di kawasan pantai ini sering diadakan event-event atau lomba surfing tingkat dunia karena memiliki ombak yang sangat bagus.

6. Pantai Kuta
Siapa yang tidak kenal dengan pantai yang satu ini. Pantai Kuta merupakan salah satu pantai sunset terbaik di Bali. Tidak mengherankan jika setiap hari kawasan pantai ini diserbu ribuan turis tiap harinya terutama ketika menjelang sang surya akan terbenam. Selain sebagai pantai sunset terbaik di Bali, pantai kuta juga merupakan pantai tempat surfing terbaik di Bali. Banyak sekali terdapat spot surfing di pantai yang lokasinya dekat dengan bandara Ngurah Rai ini. Bahkan ada iklan rokok merek terkenal mengadakan lokasi syuting di pantai kuta ini. Jadi tidak perlu diragukan lagi kalau pantai kuta merupakan spot surfing yang sangat baik di Bali. Jadi bagi pecinta surfing, admin rekomendasikan untuk menjajal ganasnya ombak di Pantai Kuta.

7. Pantai Keramas
Pantai yang berada di Kabupaten Gianyar ini juga menjadi incaran para surfer internasional lho. Karena potensinya yang sangat bagus sekali untuk bermain surfing, maka pengelola pantai ini menyediakan lampu penerang lho, jadi para surfer bisa bermain surfing hingga tengah malam lho. Yang paling keren, Pantai Keramas sempat menjadi tuan rumah seri ke-5 kejuaraan dunia selancar dari Liga Selancar Dunia 2018. Kejuaraan bertema Keramas Bali Pro ini diikuti oleh 33 peselancar putra dan 18 surfer putri yang berada di daftar top dunia. Akses ke pantai Keramas sangat mudah sekali karena sudah jalan yang beraspal hingga ke bibir pantai lho. Selain sebagai spot surfing yang sangat bagus, Pantai Keramas juga menyuguhkan panorama yang sangat indah terutama ketika sang surya akan terbit di pagi hari.

8. Pantai Balangan
Spot surfing lainnya yang tidak pernah sepi dari para surfer di Bali Selatan berada di Pantai Balangan. Pantai ini memang menjadi incaran para peselancar yang didominasi oleh wisatawan luar negeri. Tidak hanya diburu oleh pecinta surfing, pantai ini juga diburu oleh para traveler karena tempatnya yang sangat instagramable banget lho. Di pantai Balangan terdapat banyak spot untuk berfoto-foto dengan hasil yang sangat keren. Keunikan dari pantai ini adalah terdapat sebuah tanjung yang bernama Tanjung Balangan yang memiliki view memukau mata pengunjung dengan latar laut yang membiru. Tanjung ini kerap kali digunakan untuk kegiatan sesi foto praweding bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Tidak hanya itu saja, banyak film FTV yang mengambil lokasi syuting di tempat ini lho. Bagi yang penasaran akan keganasan ombak di pantai ini, silahkan guys buru pantainya yang berada di ke Jalan Pantai Balangan, Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

9. Pantai Dreamland
Pantai tempat main surfing di Bali berikutnya berada di Pantai Dreamland. Pantai yang terkenal dengan keindahan sunset yang spektakuler ini juga jadi incaran para peselancar karena memiliki ombak yang cukup besar. Pantai yang selalu ramai dari kunjungan wisatawan ini sangat populer dikalangan pecinta surfing. Pengujung pantai ini akan disuguhkan atraksi para surfer yang memainkan papan surfingnya. Selain itu, Pantai Dreamland merupakan pantai pasir putih yang mampu menyuguhkan panorama alam yang sangat indah, dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi dan batu karang yang besar, apalagi pada saat matahari terbenam viewnya benar-benar memukau mata. Banyak para pelancong yang mencoba menikmati indahnya sunset di pantai ini.

10. Pantai Ketewel
Spot surfing terkenal di Bali yang berada di Kabupaten Gianyar selain pantai Keramas adalah pantai Ketewel. Pantai Ketewel terbagi menjadi beberapa spot pantai seperti Pantai PabeanPantaiManyar, Pantai Kubur, dan Pantai Gumicik. Spot surfing terbaik di sini berada di Pantai Kubur. Pantai Ketewel memang terkenal memiliki ombak yang cukup tinggi, membuat para surfer tertarik untuk menjajal deburan ombaknya. Jika datang pantai ini, selain menyaksikan keindahan alam pantai yang sangat bagus, terkadang akan disuguhkan dengan atraksi para peselancar yang meliuk-liuk diantara gulungan ombak.

Nah itu beberapa pantai di Bali sebagai tempat bermain surfing yang sangat bagus. Selain 10 pantai yang admin sebutkan di atas, masih banyak pantai lainnya di Bali sangat ideal untuk bermain selancar seperti Pantai Seminyak, Pantai Batu Bolong, Pantai Echo, Pantai Serangan, Pantai Balian, Pantai Bonian, Pantai Jimbaran, Pantai Muaya, Pantai Yeh Leh, dan Pantai Jerman. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari termpat main surfing di Bali.
Iklan