free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Suluban (Blue Point) Uluwatu Bali
T11/16/2015

Tempat Wisata Pantai Suluban (Blue Point) Uluwatu Bali

Iklan
Iklan
Tempat wisata Pantai Suluban merupakan salah satu objek wisata yang menjadi primadona dikalangan para peselancar, karena gelombang laut dipantai ini cukup menantang. Jika cuaca dalam keadaan cerah, hampir setiap hari ada saja peselancar yang mencoba menjajal ombak di pantai ini, baik yang sudah profesional maupun masih pemula.

Tidak hanya menawarkan gelombang laut yang sangat menantang, pantai Suluban juga menwarkan keindahan pantai dengan pasir putih yang sungguh menawan dikelilingi oleh batu karang yang menjulang tinggi. Karena pantai ini dikelilingi oleh tebing karang maka pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantainya harus memasuki celah-celah tebing yang tergolong sempit yang dalam bahasa bali diartikan sebagai “mesulub”. Karena pengunjung untuk mencapai pantai harus “mesulub” maka pantai ini bernama pantai Suluban. Ada juga pengunjung menyebut pantai ini dengan nama Pantai Suluban Uluwatu karena tidak jauh dari lokasi ini ada objek wisata uluwatu yang sudah terkenal akan keindahanya. Wisatawan asing lebih mengenal pantai ini dengan nama Pantai Blue Point (Blue Point Beach) karena tidak jauh dari pantai itu ada sebuah hotel yang bernama Blue Point.  
Tempat Wisata Pantai Suluban
Pantai Suluban (blue point beach)
Sebelum memasuki celah karang yang sempit, kita harus menuruni anak tangga yang lumayan banyak. Begitu sampai diujung anak tangga paling bawah kita akan disuguhkan pemandangan di dalam gua karang. Jika air laut sedang pasang atau gelombang laut sangat tinggi, air laut akan memasuki gua tersebut.

Begitu Anda keluar dengan cara “mesulub” dicelah-celah tebing karang, pemandangan yang indah dengan deburan ombaknya akan menyambut Anda di pantai ini. Siang hari pantai ini diserbu oleh wisatawan mancanegara yang ingin merasakan panasanya terik matahari Pantai Suluban dengan cara berbaring di pasir putih yang bersih. Momen-momen ini dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk menawarkan jasa pijat kepada wisatawan asing tersebut.
Tempat Wisata Pantai Blue Point
Tebing yang tinggi di pantai blue point 
Sedangkan wisatawan lokal yang tidak ingin terbakar kulitnya oleh panasanya terik matahari mencoba untuk berteduh di dalam gua yang ada di pingir pantai sambil menyaksikan indahnya Samudra Indonesia. Sore hari pantai ini menjadi spot untuk menyaksikan fenomena matahari tenggelam (sunset). Momen-momen ini dimanfaatkan oleh para fotografer untuk mengambil gambar pas sang surya tenggelam di balik cakrawala.

Saking begitu terkenalnya pantai ini, maka banyak orang memanfaatkan hal ini dengan membuat restoran atau cafe disekitar pantai ini. Jangan heran jika Anda mengunjungi pantai ini akan melihat banyak hotel maupun restoran yang dibangun tepat di atas tebing karang di sekitar pantai ini. Sambil menikmati kuliner di sana kita bisa menyaksikan keindahan laut sambil menunggu fenomena sunset bersama orang-orang yang Anda sayangi.
Wisata Pantai Suluban
Restoran yang ada di atas tebing di blue point beach
Aktivitas yang mungkin dilakukan di Pantai Suluban selain bermain surfing yakni nongkrong (duduk santai) menikmati suasana pantai dan tebing, berfoto ria dan menunggu sunset, dan mandi.

Letak dan Cara Akses Pantai Suluban (Blue Point)

Tempat wisata Pantai Suluban atau Blue Point Beach berada di Jalan Pantai Suluban, Desa Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali. Dari denpasar hanya berjarak 31 km atau waktu tempuh kira-kira 67 menit dengan kendaraan bermotor. Dari Pura Luhur Uluwatu hanya berjarak 3 km, sedangkan dari pantai Labuan Sait (Pantai Padang Padang) hanya berjarak 2,2 km. Jika Anda datang dari Bandara Ngurah Rai hanya memerlukan waktu tempuh kira-kira 49 menit atau menempuh jarak 22,7 km.

Adapun rute menuju Pantai Suluban dari Bandara Ngurah Rai sebagai berikut. Dari Bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan Anda ke Jimbaran melalui jalan By Pass I Gusti Ngurah Rai, setelah sampai di perempatan Jimbaran (KFC Jimbaran) belok ke kanan menuju Jalan Uluwatu. Ikuti jalan tersebut hingga melewati kampus UNUD dan Cultur Park (GWK). Tepat pertigaan di depan kantor kepala Desa Pecatu belok ke kanan menuju jalan Labuan Sait. Masih di jalan Labuan Sait Anda akan menemukan kawasan objek wisata pantai Padang-padang (Labuan Sait), dari sini lurus lagi hingga ujung jalan labuan sait akan bertemu pertigaan. Jika lurus akan menuju jalan Mamo sedangkan jika belok ke kiri akan menuju jalan Pantai Padang-Padang. Nah di ujung jalan Pantai Padang-padang belok ke kanan menuju jalan Pantai Suluban hingga ke area parkir.

Untuk jalan alternatif lain ke pantai suluban kita bisa menyusuri Jalan Uluwatu hingga mentok (ada gerbang menuju ke objek wisata pura luhur uluwatu dengan beberapa petugas). Tepat sebelum memasuki gerbang kawasan objek wisata uluwatu ada pertigaan maka belok ke kanan menuju Jalan Pantai Suluban hingga ke area parkir. Jalan alternatif ini lebih mudah untuk mengakses Pantai Suluban tetapi memerlukan waktu yang lumayan lama.

Adapun tempat wisata di Bali yang dekat dengan Pantai Suluban (Blue Point Beach) yakni Pantai Padang-Padang (Pantai Labuan Sait), Pantai Melasti, Objek Wisata Uluwatu, Pantai Bingin, Pantai Cemongkak, Pantai Nyang-Nyang, Pantai Balangan, Pantai Green Bowl, GWK, dan Pantai Pandawa 
Iklan