T12/24/2015

Tempat Wisata Dari Padang Bai Menuju Singaraja Melalui Bedugul

Pelabuhan padang Bai yang terletak di kecamatan Manggis kabupaten Karangasem ini memiliki panorama yang mampu memikat wisatawan untuk berkunjung kembali ke pelabuhan ini. Kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang memukau mata. Pelabuhan ini merupakan tempat penyeberangan jalur laut dari Pulau Bali ke pulau lombok atau sebaliknya.
Tempat Wisata Dari Padang Bai Menuju Singaraja Melalui Bedugul
Pelabuhan Padang Bai

Jika Anda ingin pergi ke Kota Singaraja dari pelabuhan Padang Bai akan melalui jalur yang lumayan panjang mencapai 100-an km dengan waktu tempuh mencapai 3 jam perjalanan dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Selama 3 jam diperjalanan sungguh sangat membosankan, sehingga untuk menghilangkan rasa jenuh di dalam perjalanan ada baiknya beristirahat di beberapa tempat wisata. Berdasarkan versi Google Map ada tiga alterntif yang bisa ditempuh jika ingin berpergian ke Kota Singaraja dari pelabuhan Padang Bai yakni Jalur Kubu, Jalur Kintamani, dan Jalur Bedugul.

Postingan kali ini akan membahas tempat wisata yang bisa dikunjungi jika berpergian dari pelabuhan padang bai menuju singaraja melalui bedugul yang panjangnya mencapai 109 km dengan waktu tempuh 2 jam 56 menit (Silahkan baca juga tempat wisata dari Padang Bai menuju Singaraja melalui Kubu dan tempat wisata dari Padang Bai menuju Singaraja melalui Kintamani). Adapun rute perjalanan yang bisa ditempuh yakni sebagai berikut.

Begitu keluar dari pelabuhan Padang Bai akan menemukan pertigaan yang ada lampu pengatur lalu lintas (trafick light) di depan SMK Negeri Manggis. Di trafick light ini belok ke kiri menuju Jalan Raya Goa Lawah kemudian Jalan By Pass Ida Bagus Mantra. Tepat di perempatan Pantai Purnama belok ke kanan (menuju Jalan Pantai Purnama) hingga sampai pertigaan Jalan Raya Sukawati (pasar Seni Sukawati) kemudian belok ke kiri menuju jalan Raya Celuk. Cari jalan Raya Jagaraga hingga menemukan pertigaan lalu belok ke kiri untuk menuju jalan Raya Singapadu. Kemudian rute berikutnya menuju jalan Angantaka-Sibang Gede, Jalan Raya Krasan, Jalan Raya Mambal, Jalan Raya Latu, Jalan Raya Abian Semal, Jalan Rampai, jalan Bedil, Jalan Gunung Agung, Jalan Raya Denpasar, ikuti jalan itu hingga sampai di Danau Beratan,  kemudian lanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalan utama hingga sampai di Kota Singaraja. Adapun objek wisata yang bisa dikunjungi di jalur ini yakni sebagai berikut.

1. Pantai Wates
Pantai ini berada di perbatasan antara kabupaten Klungkung dengan kabupaten Karangasem, tetapi masih berada di kawasan kabupaten Karangasem. Di sini kita akan melihat indahnya laut dengan gugusan pulau nusa penida. Di sini kita bisa istirahat sejenak untuk menikmati segarnya es kelapa muda (Silahkan baca tempat wisata Pantai Wates).

2. Pantai Belatung
Pantai ini masih berada di perbatasan antara kabupaten Karangasem dengan Klungkung tetapi berada di kawasan kabupaten Klungkung. Di sini kita bisa melihat proses pembuatan garam secara tradisional.

3. Pura Goa Lawah
Pura ini berada di pingir jalan Raya Goalawah sehingga begitu melewati jalan ini kita akan melihat keberadaan pura ini. Pura ini memang unik, di mana di dalam pura terdapat sebuah gua yang bernama Goa Lawah yang dihuni ribuan kelelawar (Silahkan baca tempat wisata pura Goa Lawah)

5. Pantai-pantai di kawasan jalan Ida Bagus Mantra
Jalan By Pass Ida Bagus Mantra melintasi 2 kabupaten dan 1 kota madya yakni kabupaten klungkung, kabupaten Gianyar dan kota madya Denpasar, sehingga ada banya sekali pantai-pantai disepanjang jalan Ida Bagus Mantra seperti pantai kusamba di ujung timur jalan ini hingga pantai Tangtu di ujung barat jalan ini (silahkan baca pantai-pantai di sekitar jalan Ida Bagus Mantra).

6. Bali Safari & Marine Park
Berada di JalanBypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra dan terletak di tiga desa yaitu Desa Lebih, Desa Serongga dan Desa Medahan. Ada berbagai jenis satwa langka yang berasal dari Indonesia, India dan Afrika. Terdiri dari 60 species dan 400 ekor satwa langka yang berasal dari Indonesia misalnya Jalak Putih, Burung Hantu, Tapir, Buaya, Babi Rusa dan Harimau Sumatra. Dari Negara India antara lain Rusa Tutul, Beruang Himalaya, Nilgai dan Black Buck. Satwa langka dari Afrika juga tidak ketinggalan seperti Kuda Nil, Burung Unta, Singa, Babbon, Zebra dan Blue Wildebeest.

7. Pasar Seni Sukawati
Sesuai dengan namanya pasar ini menjual berbagai hasil kesenian corak bali seperti patung, luskisan, dan kerajinan Bali lainnya. Selain itu di pasar seni sukawati juga dijual aneka kaos khas bali.

8. Pasar Seni Guwang
Pasar Seni guwang dikenal sebagai pasar seni sukawati karena apa yang terdapat di pasar seni sukawati juga terdapat di pasar seni guwang (silahkan baca tempat wisata pasar seni Guwang)

9. Hidden Canyon Guwang
Ngarai ini memang tersembunyi sehingga disebut hidden canyon. Terletak di tukad (sungai) beji Guwang, sukawati. Hanya berjarak 1,8 km dari pasar seni Guwang. Di sini kita bisa melihat indahnya ngarai sambil berfoto-foto (silahkan baca tempat wisata Hidden Canyon Beji Guwang)

10. Kebun Binatang Bali
Kebun Binatang Bali ini berlokasi di desa Singapadu, Kabupaten Gianyar. Di sini terdapat berbagai jenis mamalia seperti primata, rusa, onta, kanguru dan macan sumatra. Burung tropis yang terkenal seperti kasuari, merak, kakatua, bali starling dan berbagi jenis burung asia. Reptil yang terdapat di sini yakni komodo, iguana, ular hijau dan phyton.

11. Bali Bird Park
Di Bali bird park anda dapat melihat beranekaragam jenis burung dari Indonesia ataupun burung dari Afrika dan Amerika selatan. Taman burung di Bali ini, memiliki luas are sekitar 2 hektar yang menampung sekitar 1000 burung dari 250 jenis burung yang berbeda.

12. Danau Beratan (Bedugul)
Danau ini berada di pingir jalan sehingga dengan mudah kita dapat melihatnya. Di tengah danau ini terdapat sebuah pura yang menjadi ikon pariwisata bali yakni pura ulun danu beratan (silahkan baca tempat wisata Danau Beratan)

13. Air Terjun Colek Pamor
Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 m dan airnya berasal dari goa, dimana goa ini adalah jalur air bawah tanah yang membawa air dari sungai Buleleng ke Gitgit. Berjarak kira-kira 500 meter dari badan jalan raya (pintu masuknya).

14. Air Terjun Kembar (Campuhan)
Disebut dengan nama air terjun kembar, karena terdapat dua air terjun yang aliran airnya menjadi satu. Campuhan adalah bahasa Bali yang memiliki arti air bercampur. Suasana di air terjun Campuhan sedikit gelap karena di apit oleh 2 tebing dan terdapat banyak pepohonan rimbun. Dibawah air terjun terdapat genangan air yang sangat jernih dan sejuk.

15. Air terjun Mekalongan
Air terjun ini merupakan kelanjutan dari Air Terjun Kembar Gitgit. Sumber airnya berasal dari aliran sungai Air Terjun Kembar Gitgit sehingga debit airnya menjadi lebih besar dan arusnya lebih deras. Air Terjun Mekalongan sedikit lebih tinggi daripada Air Terjun Kembar Gitgit.

16. Air Terjun Bertingkat
Air Terjun Bertingkat tidak begitu tinggi namun cukup indah. Seperti namanya, air terjun ini memang bertingkat dua. Airnya sangat bersih dan bening. Di bawah Air Terjun Bertingkat ada air terjun lagi. Letaknya di bawah jembatan dan tertutup pepohonan. Namun, Anda tidak bisa melihat air terjun ini dari depan/bawah. Anda hanya bisa melihat air terjun ini dari atas jembatan (silahkan baca tempat wisata air terjun bertingkat)

17. Air Terjun Gitgit
Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 35 meter dari permukaan sungai dengan lebar paling atas sekitar tiga meter. Penduduk setempat menamai air terjun ini dengan air terjun Desa.

18. Air Terjun Jembong
Nama air terjun ini memang terdengar kurang indah dan mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. Ya, Air Terjun Jembong memang belum diketahui banyak orang. Namun, jangan under estimate dulu! Tidak seperti namanya, air terjun yang terletak di Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng ini, sangat indah dan merupakan salah satu air terjun terindah di Bali.

19. Pura Beji Sangsit
Pura Beji ini masih belum terlalu familiar di mata wisatawan dan masih jarang wisatawan yang tahu keindahan pura beji ini. Yang paling unik di pura ini adalah ukirannya, di mana hampir tidak ada ruang atau tempat yang lolos dari ukiran yang notabene adalah ukiran khas Buleleng.

20. Pantai Kerobokan
Pantai Kerobokan berada di Jalan Pantai Kerobokan, Kecamatan Sawan, Buleleng. Di sini kita akan melihat indahnya pantai pasir putih di Bali Utara. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal. Pada hari-hari libur pantai ini padat pengunjung.

Nah itu beberapa objek wisata yang bisa Anda kunjungi selama perjalanan menuju Kota Singaraja dari pelabuhan Padang Bai melalui jalur Bedugul. Semoga artikel ini bisa menjadi refrensi wisata Anda selama berwisata ke Bali.

0 Response to "Tempat Wisata Dari Padang Bai Menuju Singaraja Melalui Bedugul"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif