T8/30/2016

Tempat Wisata Pantai Goa Lawah Klungkung

Pantai Gowa Lawah merupakan salah satu pantai yang berada di Bumi Serombotan (sebutan untuk kabupaten Klungkung) yang kental dengan suasana religiusnya. Hal ini disebabkan karena pantai ini sering digunakan untuk tempat “nyegara gunung” yang merupakan rangkaian dari upacara ngaben (pembakaran jenasah).
Pantai Goa Lawah
Pantai ini bernama pantai Gowa Lawah karena tidak jauh dari lokasi pantai terdapat sebuah goa yang bernama Goa Lawah. Goa ini lokasinya berada di dalam areal sebuah tempat suci yang bernama Pura Goa Lawah. Pada hari-hari tertentu pantai ini dipadati oleh pengunjung yang akan melakukan persembahyangan. Aktivitas warga yang melakukan persembahyangan di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan khususnya wisatawan mancanegara. Tidak mengherankan banyak wisatawan asing yang mengambil gambar-gambar/foto-foto orang yang sedang melakukan aktivitas persembahyangan.
Aktivitas warga yang melakukan ritual "Nyegara Gunung"
Pantai Goa Lawah juga menyajikan fenomena matahari terbit pada pagi hari. Bagi yang kebetulan berlibur ke bali timur, tidak salahnya coba nikmati indahnya suasana pantai Goa Lawah di pagi hari. Tidak hanya menyajikan indahnya matahari terbit, di pantai ini kita juga bisa melihat aktivitas penduduk setempat membuat garam dan para nelayan menyandarkan jukungnya di siang hari. Untuk melihat proses pembuatan garam, anda harus berjalan ke sebelah timur pantai yakni ke pantai Belatung.

Pantai Gowa Lawah merupakan pantai yang berpasir hitam dan memiliki ombak yang cukup besar serta arus lautnya cukup kuat. Jadi disarankan untuk tidak mandi dikawasan pantai ini. Walaupun kondisi lautnya seperti itu, masih banyak terlihat anak-anak yang mandi di kawasan ini. Mereka mandi dikawasan ini sambil mencari sisa upacara yang dihanyutkan di kawasan pantai ini dan tentunya anak-anak tersebut sudah berpengalaman mandi dengan kondisi laut seperti itu.

Lokasi dan Cara Akses Tempat Wisata Pantai Goa Lawah

Pantai Goa Lawah berada Jalan Raya Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali. Dari pusat kota Semarapura hanya berjarak sekitar 9 km, sedangkan jika dari Kota Denpasar berjarak kira-kira 35 km. Dari Bandara Ngurah Rai menempuh jarak sekitar 48,5 km atau dengan waktu tempuh sekitar 65 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Adapun rute perjalaanan yang bisa dilalui untuk menuju tempat wisata pantai Goa Lawah dari BandaraNgurah Rai yakni sebagai berikut. Begitu keluar dari kawasan Bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan menuju jalan Tol bali Mandara hingga ke Jalan By Pass Ngurah Rai – Sanur. Dari Jalan By Pass Ngurah Rai – Sanur arahkan kendaraan ke timur hingga ke tempat wisata Patung Titi Banda. Dari Patung titi Banda arahkan kendaraan ke timur ke Jalan By Pass Ida Bagus Mantra hingga ke jalan Raya Goa Lawah. Pantainya berada di sebelah kanan jalan sedangkan goa lawah berada di kiri jalan raya.
Untuk menunjang kegiatan kepariwisataan di kawasan ini maka pemerintah setempat sudah membuat beberapa fasilitas pendukung seperti area parkir yang luas (bisa menampung bus ukuran besar), toilet, restoran, dan warung makan yang menjual aneka makanan dan minuman ringan. Adapun objek wisata yang dekat dengan pantai Goa Lawah yakni Bukit Belong, Pura Goa Lawah, Taman Kerta Gosa, Monumen Puputan Klungkung, Lapangan Puputan Klungkung, Pantai Belatung, Pantai Wates, Pantai Segara Kusamba, dan Bendungan Tukad Yeh Unda. Silahkan baca juga tempat wisata di Bali lainnya.

0 Response to "Tempat Wisata Pantai Goa Lawah Klungkung"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif