free counter with statistics Inilah 4 Danau Yang Ada Di Bali Yang Perlu Anda Ketahui
T8/18/2017

Inilah 4 Danau Yang Ada Di Bali Yang Perlu Anda Ketahui

Iklan
Iklan
Keindahan Pulau Bali tidak hanya terletak pada keindahan pantai pasir putihnya yang eksotis, tetapi juga keindahan akan danaunya yang sejuk. Perlu diketahui bahwa pulau bali memiliki empat buah danau yang sudah menjadi destinasi wisata terkenal akan keindahannya. Tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik, danau-danau di Bali juga menjadi incaran para wisatawan luar negeri. Tiap-tiap danau tersebut memiliki keunikan tersendiri. Berikut empat danau yang ada di bali yang perlu anda ketahui.

1. Danau Batur

Danau Batur merupakan danau terbesar di Pulau Bali yang terletak di Dsea Songan, Kecamatan kintamani, kabupaten Bangli. Danau ini masuk ke dalam kawasan taman bumi (geoprak) yang ditetapkan oleh UNESCO pada tanggal 20 september 2012 di Portugal. Danau yang berada di kaki Gunung Batur ini merupakan jenis danau kaldera aktif yang berada pada ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut (dpl). Dengan ketinggian seperti itu tentu kawasan danau batur memiliki hawa yang dingin. Jadi jika anda ingin berkunjung ke danau batur jangan lupa membawa baju tebal atau jaket.
Tempat Wisata Danau Batur Kintamani Bali
Danau Batur dilihat dari Penelokan
Berdasarkan situs www.baturglobalgeopark.com, bahwa luas permukaan air danau batur adalah 16,05 km2, dengan volume air 815,38 juta m3 dan kedalaman rata-rata 50,8 m. Air Danau Batur bersumber dari air hujan dan rembesan-rembesan air dari pegunungan sekitarnya dengan luas daerah tangkapan 105,35 km2.

Bagi yang hobi memancing ikan air tawar di danau inilah tempatnya. Jenis-jenis ikan yang mungkin bisa anda dapatkan Danau Batur yakni adalah ikan mas, ikan nila dan ikan mujaer. Danau ini akan terlihat sangat indah jika dilihat dari objek wisata penelokan. Di sekitar danau batur terdapat objek wisata yang terkenal seperti tempat wisata Lava Tumuli sebagai spot untuk berfoto-foto, desa trunyan dengan tradisi pemakaman yang unik, pendakian GunungBatur, Desa Pinggan dengan fenomena matahari terbitnya yang menawan hati serta menampakan siloet tiga gunung, dan pemandian air panas toya bungkah yang siap merelaksasi tubuh anda.

2. Danau Beratan

Danau Beratan memiliki luas 1.607,5 hektar dan merupakan danau terluas kedua setelah danau Batur. Danau Beratan terletak di daerah pegunungan sehingga hawa udaranya sangat sejuk dan hijau serta kadang-kadang diselimuti kabut. Di tengah danau tersebut terdapat sebuah pura yaitu Pura Ulun Danu. Pura Ulun Danu yang terletak di Desa Candikuning ini merupakan ikon dari pariwisata provinsi Bali, sehingga pada uang kertas pecahan Rp 50.000 Anda akan menemukan gambar Pura Ulun Danu Beratan.
Tempat Wisata Danau Beratan Tabanan
Suasana di Danau Beratan
Bila Anda memiliki hobi memancing, maka di Danau Beratan ini bisa digunakan sebagai tempat memancing. Selain itu, jika Anda ingin menikmati keindahan danau ini dari tengah danau, Anda bisa menyewa kapal boat atau sampan. Jika Anda berkunjung ke Danau Beratan disarankan membawa payung dan menggunakan sandal karena wilayah danau beratan terletak di dataran tinggi sehingga sering turun hujan secara tiba-tiba dan kadang menggenangi bagian pinggir danau. Selain itu udara di kawasan ini cukup dingin, sehingga disarankan untuk menggunakan baju hangat atau jaket.

3. Danau Buyan

Danau Buyan merupakan danau terbesar ketiga yang ada di Pulau Bali yang terletak di desa Pancasari, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng. Danau ini barada pada ketinggian 1.350 dari permukaan laut, sehingga membuatnya berhawa dingin. Danau Buyan dikelilingi oleh hutan-hutan tropis dan memiliki tempat lapangan yang cukup luas. Tempat lapang yang luas ini sering difungsikan untuk kegiatan perkemahan. 
Danau Buyan
Danau Buyan
Selain itu, di sekitar danau ini sangat bagus digunakan sebagai tempat wisata petualangan seperti trekking mengelilingi hutan. Selain itu aktifitas memancing di danau Buyan menjadi salah satu kegiatan cukup menarik. Jika anda tidak membawa perlengkapan memancing, bisa menyewa pancing dan membeli umpan di tempat ini. Danau Buyan memang sangat pas untuk wisata keluarga, terutama bagi anak-anak, yang bisa memberikan pengalaman berbeda dan lebih mengenal alam.

4. Danau Tamblingan

Danau Tamblingan berada di sebelah utara lereng Gunung Lesung, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Danau ini dikelilingi oleh hutan yang menghijau sehingga memiliki udara yang sejuk. Lokasi danau ini termasuk dalam dataran tinggi, sehingga danau ini kerap diselimuti kabut pada pagi hari. Danau Tamblingan ini merupakan danau paling kecil dari empat danau yang ada di Bali, yang luasnya sekitar 1.15 km².
Danau Tamblingan
Danau Tamblingan

Meski memiliki luas yang paling kecil, danau ini memilik pemandangan yang indah dan masih alami. Keindahan matahari pagi kala baru terbit semakin menambah pesona danau ini. Anda juga bisa mengelilingi danau ini dan melihat seluruh keindahannya dengan menggunaka perahu kecil yang mirip seperti samapan yang disebut dengan pedahu. Pedahu ini banyak digunakan penduduk sekitar untuk menangkap ikan di danau ini. Danau tamblingan terletak sangat dekat dengan danau buyan, bahkan orang-orang sampai menyebut kedua danau itu dengan sebutan danau kembar.


Nah itu empat danau yang ada di Bali yang perlu Anda ketahui. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mengisi liburan Anda ke pulau Dewata. Silahkan baca juga tempat wisata di Bali yang lainnya. Salam lontriper
Iklan