free counter with statistics Tempat Wisata Cepik Sidemen Karangasem Bali
T12/26/2015

Tempat Wisata Cepik Sidemen Karangasem Bali

Sidemen adalah nama sebuah kecamatan di kabupaten Karangasem. Kecamatan yang berada di tenggara kabupaten Karangasem dan berbatasan langsung dengan kabupaten Klungkung ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Air Terjun Yeh Unda Hulu, pemandangan alam DesaIseh, Bukit Asmara, jembatan Kuning Yeh Unda, dan proses pembuatan kerajinan kain Songket Sidemen.
Tempat wisata Cepik Sidemen
Selain objek wisata yang disebutkan di atas, ada lagi objek wisata yang sedang berkembang dengan pesat yakni tempat wisata cepik. Cepik merupakan nama sebuah daerah yang berada di sebelah timur dari Tukad Yeh unda. Di sini mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan alam pegunungan di sebelah barat, utara dan timur. Di sebelah barat ada persawahan dengan batas sebuah perbukitan yang bernama Bukit Buluh atau Bukit Sangkan Gunung dan sebelah utara ada hamparan sawah yang luas dengan Gunung Agung sebagai latar belakangnya. Sedangkan sebelah timur merupakan gugus pegunungan Gunung Dwangga. Sebelah selatan kita bisa memandang laut selatan di kabupaten Klungkung.
Tempat Wisata Cepik
Fasilitas gazebo di tempat wisata Cepik

Kita juga bisa melihat aktivitas para petani yang sibuk menggarap lahan sawahnya seperti menanam padi, membajak sawah, dan lain sebagainya. Dengan hamparan sawah yang menghijau akan menambah kesan anda sedang berliburan ke sebuah pedesaan yang asri dan sejuk dengan keramah tamahan penduduknya. Bagi yang ingin menikmati suasana di desa ini beberapa hari, anda jangan khawatir akan masalah penginapan atau villa karena di sini ada banyak sekali menyediakan jasa penginapan dengan harga yang murah. Selain villa, juga disediaan restoran dengan aneka menu khas balinya dan art shop yang menjual kerajinan khas Bali seperti perhiasan yang terbuat dari perak, kain Songket Sidemen, dan lain sebagainya. Bagi yang penasaran dengan proses pembuatan kain Songket Sidemen, Anda bisa melihatnya secara langsung di tempat wisata cepik ini.

Lokasi dan Cara Akses Ke Tempat Wisata Cepik

Tempat wisata cepik berada di Banjar Adat Tabola, Desa Sidemen, kecamatan Sidemen, Karangasem, Bali. Untuk menuju lokasi ini memerlukan jarak tempuh kira-kira 58 km dengan waktu tempuh kira-kira 1 jam 42 menit (versi Google Map) dari bandara Ngurah Rai. Dari kota Denpasar kira-kira berjarak 45 km dan dari kota Semarapura kira-kira berjarak 14 km.

Adapun rute perjalanan menuju tempat wisata cepik yakni sebagai berikut. Dari Bandara Ngurah Rai menuju Jalan By Pass Ngurah Rai melalui jalan tol Bali Mandara kemudian ke timur hingga ke jalan By Pass Ida Bagus Mantra. Tepat di perempatan Pantai Klotok belok ke kiri untuk menuju jalan Tojan lalu ke jalan Puputan (di sini kita bisa mampir ke tempat wisata Taman Kertha Gosa). Tepat di perempatan Kertha Gosa belok ke kanan untuk menuju perempatan jalan raya Sidemen (perempatan Satria) yang sebelumnya akan melewati Air Terjun Yeh Unda Klungkung dari atas jembatan. Di perempatan Satria arahkan kendaraan belok ke kiri maka akan masuk ke jalan Raya Sidemen dan ikuti jalan tersebut hingga ke pertigaan Pasar Sidemen. Dari pertigaan Pasar Sidemen akan menemukan pertigaan lagi dan cari arah ke kiri maka anda akan memasuki Desa Adat Tabola. Ikuti jalan tersebut maka anda akan melihat banyak villa, restoran dan art shop di sebelah kiri kanan jalan. Berati Anda sudah berada di Tempat Wisata Cepik.