free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Pengembak Sanur
T8/09/2017

Tempat Wisata Pantai Pengembak Sanur

Iklan
Iklan
Bagi yang suka “berburu” indahnya fenomena matahari terbit, cobalah datang ke pantai di kawasan sanur. Sanur merupakan nama sebuah kelurahan yang memiliki banyak spot pantai yang sangat eksotis. Di mulai dari pantai Matahari terbit, kemudian Pantai Bali Beach, Pantai Segara Ayu, Pantai Sindhu, Pantai Karang, Pantai Semawang, Pantai Mertasari, dan terakhir Pantai Pengembak. Setiap pantai-pantai tersebut memiliki keunikan tersendiri yang tidak akan ditemui di pantai-pantai lainnya, walaupun semua pantai tersebut masih dalam satu kawasan. 
Tempat Wisata Pantai Pengembak Sanur
Pantai Pengembak sore hari

Dari semua pantai di kawasan sanur, ada spot pantai yang mampu menawarkan keindahan matahari terbit (sunrise) sekaligus fenomena matahari tenggelam (sunset). Di mana pada pagi hari kita akan melihat indahnya sang surya terbit di ufuk timur, sedangkan pada senja hari kita akan melihat keindahan fenomena matahari tenggelam di balik perbukitan di kuta selatan. Spot pantai yang menyajikan dua fenomena tersebut yakni Pantai Pengembak.

Pantai yang berada di ujung pesisir kawasan Sanur diberi nama pantai Pengembak karena tidak jauh dari kawasan pantai terdapat sebuah tempat suci yang bernama Pura Dalem Pengembak. Pantai ini dekat dengan Pantai Mertasari dan hanya dipisahkan oleh sebuah sungai. Bahkan untuk menuju pantai ini harus melalui Pantai Mertasari terlebih dahulu kemudian melalui sebuah jembatan yang terbuat dari kayu untuk menuju Pantai Pengembak.
Pantai Pengembak Sanur
Sunset di Pantai Pengembak 
Di Pantai Pengembak kita akan melihat hamparan pasir putih yang membentang dengan indahnya. Dengan adanya hutan mangrove di sekitar pantai, sehingga membuat pantai ini sungguh sedap di pandang mata. Pada sore hari pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, nusantara maupun mancanegara, karena pantai sudah dibuat sebuah taman yang bernama “Taman Inspirasi Mertsari”. Taman ini dikelola oleh desa adat setempat. Karena pantai ini sudah dijadikan taman maka untuk masuk ke kawasan pantai ini harus membayar Rp 20.000 untuk orang dewasa dan untuk anak-anak hanya membayar Rp 15.000.

Letak dan Cara Akses Pantai Pengembak

Pantai pengembak berada di Desa adat Intaran, Sanur. Tepatnya berada di jalan Pengembak, Sanur. Dari Bandara Ngurah Rai hanya berjarak 15 km atau dengan waktu tempuh kurang lebih 28 menit perjalanan. Dari Pusat kota Denpasar hanya berjarak 13 km.

Cara mengakses pantai Pengembak sangatlah mudah karena sudah ada jalan yang diaspal dengan baik. Begitu Anda keluar dari bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan Anda menuju jalan tol bali mandara kemudian ke Jalan By Pass Ngurah Rai. Karena jalan By Pass Ngurah Rai satu jalur maka tepat di U Turn yang terdapat Circle K putar balik kendaraan Anda. Kira-kira 600 meter dari Circle K akan menemukan Plang bertuliskan “Selamat Datang Di Kawasan Mertasari”, kemudian belok ke kiri menuju Jalan Suka Merta dan Anda akan disambut oleh pengelola parkir dengan membayar biaya parkir sebesar Rp 2000 untuk sepeda motor.
Jembatan penghunung pantai pengembak dengan pantai mertasari
Jembatan penghubung Pantai Pengembak dengan Pantai Mertasari

Dari Jalan Suka Merta arahkan kendaraan ke Jalan Pengembak hingga menemukan area parkir yang luas. Area parkir tersebut merupakan area parkir kawasan Pantai Mertasari. Dari area parkir Anda harus berjalan kaki dengan melewati sebuah jembatan kayu untuk menuju Pantai Pengembak.
Iklan