free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Tegal Wangi Jimbaran
T10/25/2015

Tempat Wisata Pantai Tegal Wangi Jimbaran

Iklan
Iklan
Kabupaten Badung merupakan salah satu kabupaten di Bali yang memiliki wisata pantai yang sudah terkenal sampai ke mancanegara karena keindahannya, misalnya Pantai Kuta, Pantai Balangan, Pantai Pandawa, Pantai Padang-Padang, Pantai Nusa Dua, dan Pantai Geger Sawangan. Ada satu pantai lagi di kabupaten badung yang lokasinya tersembunyi dan berada di balik batu karang, yakni Pantai Tegal Wangi. Karena lokasinya tersembunyi maka pantai ini sering disebut dengan nama “Hidden Beach”.

Tempat Wisata Pantai Tegal Wangi Jimbaran
Pantai Tegal Wangi

Untuk mengakses pantai ini sangatlah mudah karena jalannya sudah diaspal yang dapat dilalui oleh kendaran roda dua maupun roda empat. Pantai Tegal Wangi terletak di Desa Adat Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Lokasinya berada di Pura Segara Tegal Wangi dan hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dari Bandara Ngurah Rai. Jika Anda datang dari Pantai Muaya Jimbaran hanya menempuh jarak sekitar 5 kilometer. Dari hotel Ayana (sebelumnya Ritz Carlton) hanya berjarak sekitar 100 meter. Jadi agar lebih mudahnya menuju lokasi, cari lebih dahulu arah menuju Hotel Ayana. Sebelum masuk security check Hotel Ayana, ada jalan belokan ke kanan dan terus ikuti jalan itu maka akan sampai di parkir Pura Segara Tegal Wangi. Untuk menghindari kendaraan yang melaju kencang, maka di beberapa ruas jalan dilengkapi susunan paving block. Jadi disarankan agar pengendara senantiasa berhati–hati dan mengurangi kecepatannya.
Pantai Tegal Wangi Jimbaran
Pantai Tegal Wangi dari atas tebing

Pantai ini memiliki tebing-tebing tinggi sama seperti Pantai Dreamland, sehingga dari depan Pura Tegal Wangi kita akan melihat keindahan pantai dari atas batu karang dengan deburan ombak keras dengan air berwarna biru kehijauan yang menghampiri bibir pantai yang berpasir putih kasar. Untuk menuju ke pantai dari depan Pura Tegal Wangi kita harus turun melewati jalan setapak yang agak curam, dengan berjalan kaki sekitar 20 meteran, kita akan sampai di bibir pantai Tegal Wangi, jadi mesti hati-hati karena belum tersedia anak tangga.
Pantai Tegal Wangi
Pasir Putih di Pantai Tegal Wangi

Pantai Tegal Wangi hanya memiliki garis pantai kurang lebih 100 meter. Walaupun pantai ini memiliki luas yang kecil dan garis pantai yang pendek tetapi memiliki keindahan yang sangat menawan hati. Apalagi jika Anda berkunjung pada sore hari karena kita akan melihat keindahan matahari terbenam (sunset). Pantai ini juga digunakan sebagai tempat melaksanakan upacara keagamaan oleh desa adat setempat seperti upacara melasti.
Pantai Tegal Wangi
Indahnya view di pantai Tegal Wangi


Kegiatan yang biasanya dilakukan oleh pengunjung yakni bersantai untuk merefresh otak, memancing ikan, dan berfoto. Pantai ini masih alami sehingga banyak para wisatawan asing maupun lokal melakukan sesi preweding di pantai ini dengan latar belakang tebing, deburan ombak maupun pemandangan sunset. Pantai ini belum ada fasilitas penunjang seperti tempat wisata lainnya. Kawasan ini masih bebas dari pedagang dan sarana fasilitas umum seperti kamar kecil. Tetapi jika ingin menikmati restoran khas lautnya silahkan datang ke pantai Muaya atau Pantai Kedonganan yang lokasinya tidak jauh dengan pantai Tegal Wangi.
Iklan