T10/09/2017

Inilah Tempat Wisata Air Terjun Di Singaraja (Buleleng) Bali

Singaraja merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Buleleng. Sebelum dipindahkan ke Denpsaar, Kota Singaraja pernah menjadi ibukota provinsi Bali. Kota yang memiliki luas 27,98 km² memiliki destinasi wisata yang tidak kalah cantiknya dengan tempat wisata yang lainnya di bali, kususnyan tempat wisata air terjun.
 Tempat Wisata Air Terjun Di Singaraja (Buleleng) Bali

Pada kesempatan ini admin akan membagikan informasi nama-nama tempat wisata air terjun yang ada di singaraja (kabupaten buleleng pada umumnya). Bali utara merupakan surganya tempat wisata air terjun, di sini telah ditemukan setidaknya 30-an titik air terjun baik yang tersembunyi mapupun sudah terkenal hingga ke mancanegara. Berikut tempat wisata air terjun yang ada di Singaraja (kabupaten Buleleng).

1. Air Terjun Bertingkat
Sesuai dengan namanya Air Terjun Bertingkat terdiri dari beberapa tingkatan curahan air mengikuti teras bebatuan. Terdapat setidaknya 3 tingkatan yang relatif tinggi. Masing-masing tingkatan ini memiliki jatuhan air membentuk kolam di dasarnya, dengan airnya yang sangat bersih dan bening. Ketinggian masing-masing tingkat berbeda-beda, tetapi secara keseluruhan menjadi air terjun yang cukup tinggi. Kondisi ini memungkinkan pengunjung untuk bermain di jatuhan air tersebut dengan leluasa.

2. Air Terjun Campuhan (Kembar)
Nama lain dari air terjun campuhan adalah air terjun kembar, karena terdapat dua air terjun yang berdampingan dengan ketinggian yang sama yakni sekitar 20 meter. Sedangkan nama campuhan berati campur, karena kedua air terjun ini akan bercampur dalam sebuah kolam kecil yang lumayan dalam.

3. Air Terjun Lembah Jian
Air terjun lembah Jian memiliki suasan yang tenang, sunyi dan damai. Sangat cocok untuk yang suka dengan kegiatan petualangan karena untuk menuju lokasi kita akan menempuh perjalanan sekitar 600 meter, dengan jalan yang berkelok-kelok jalanan agak menurun diantara rerimbunan pohon cengkeh. Begitu anda sampai di lokasi air terjun, perjalanan lelah anda akan terobati dengan pesona air terjun ini, terlihat menjulang tinggi dan asri dengan pepohonan yang rindang.

4. Air Terjun Mekalongan
Air Terjun Mekalongan dengan ketinggian sekitar 45 m yang merupakan lanjutan dari air terjun campuhan (kembar). Airnya yang jernih dapat digunakan untuk mandi, selain itu di tempat jatuhnya air terdapat kolam yang bisa digunakan untuk berenang. Jika datang pada siang hari sangat pas, terik panas yang memanasi badan kita tidak terasa setelah nyemplung di air terjun ini. Pokoknya seger bener.

5. Air Terjun Lemukih
Air terjun lemukih memang air terjun yang unik di mana air terjun ini memiliki tiga air terjun yang berdampingan, sehingga ada yang mengatakan air terjun kembar tiga. Air terjun ini masih alami dan airnya yang sangat segar. Memiliki kolam yang cukup luas, sehingga pengunjung yang ingin mandi di air terjun ini bisa berenang dengan bebas.

6. Air Terjun Yeh Mampeh (les)
Yeh Mampeh diartikan sebagai air terbang karena pada saat terkena hempasan angin, maka airnya akan berterbangan. Air terjun yeh mampeh memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Di bawah tempat jatuhnya air terbentuk kolam yang bisa digunakan untuk berenang dengan air yang sangat jernih dan tentunya sangat segar. Tidak hanya air terjunnya yang memiliki pesona yang memukau, pemandangan sekitar air terjun juga sangat indah dengan pepohonan yang menghijau.

7. Air Terjun Melanting
Untuk menuju air terjun melanting kita akan melewati hamparan perkebunan kopi dan kebun cengkeh,  karena air terjun ini terletak di tengah-tengah kebun tersebut hawa udara sekitar air terjun begitu segar. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan debit air yang cukup besar. Air terjun ini sering kali dikunjungi oleh wisatawan asing yang kebetulan berlibur ke bali utara.

8. Air Terjun Munduk
Lokasi air Terjun Munduk masih berdekatan dengan air terjun melanting, hanya saja air terjun ini lebih rendah daripada air terjun melanting, yakni hanya memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Karena lokasi yang sama maka suasana yang ditawarkan hampir sama yakni sekitar air terjun dihiasi dengan perkebunan kopi dan cengkeh yang hijau milik penduduk setempat. Konon air terjun ini dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit karena airnya mengandung belerang.

9. Air Terjun Banyumala
Air terjun Banyumala merupakan salah satu air terjun tersembunyi yang ada di bali utara, sehingga banyak wisatawan yang belum tahu akan keberadaan air terjun ini. Air terjun Banyumala benar-benar indah, dengan tebing yang menghijau sebagai tempat turunnya air membuat air terjun ini benar-benar unik dan asri. Kolam yang terbentuk akibat air terjun ini dapat digunakan untuk mandi karena memiliki air yang sangat segar dan tentunya sangat jernih.

10. Air Terjun Tembok Barak
Tembok barak artinya tembok merah. Sesuai dengan namanya air terjun tembok barak memiliki tebing yang mengapit air terjun ini berwarna cokelat kemerahan. Air terjun ini memiliki debit air yang besar namun tidak terlalu tinggi. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang paling paling populer dan sedang ngehits di instagram.

11. Air Terjun Aling-Aling
Air Terjun Aling-aling merupakan salah satu air terjun yang paling populer di singraja bahkan sedang ngehits di media sosial. Air terjun yang memiliki tinggi kira-kira 35 meter ini memang unik karena dari atas air terjun ini  airnya terbagi menjadi dua terjunan air yang berdampingan dan menyatu ketika akan mencapai kolamnya. Sekitar air terjun ini memiliki pemandangan alam yang begitu asri dan pepohonan yang menghijau. Lokasi: Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada

12. Air Terjun Jambangan
Air terjun ini masih alami dan belum banyak yang mengetahui keberadaan air terjun ini. Walaupun air terjun ini tidak terlalu tinggi, tetapi uniknya air terjun ini kubangan air yang cukup besar yang bisa digunakan untuk mandi dan berenang. Lokasi: Banjar Kelampuak, Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan.

13. Air Terjun Gerombong (Sekumpul)
Air terjun Sekumpul terdiri dari sekumpulan air terjun, dengan jumlah mencapai tujuh air terjun, oleh warga asing disebut dengan sevent point waterfall. Sedangkan orang lokal desa Sekumpul menyebut dengan nama air terjun Pemuatan. Dari tujuh air terjun yang ada, hanya dua air terjun yang jaraknya dekat dengan jalan utama dan paling mudah untuk diakses. Air terjun ini dikatakan sebagai air terjun terindah di pulau bali. Air terjun ini kerap kali digunakan sebagai lokasi melakukan sesi foto prewedding dengan latar belakang air terjun. Selain sebagai spot foto yang keren, di bawah air terjun bisa digunakan sebagai tempat untuk mandi, karena memiliki air yang jernih dan segar. Lokasi: Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali.

14. Air Tejun Carat Kecil
Air terjun carat kecil memiliki ketinggian hanya sekitar 15 m saja. Air Terjun Carat ini masih benar-benar alami, belum mendapat sentuhan pariwisata sama sekali. Tidak ada bangunan apapun di sekitar air terjun.

15. Air Terjun Carat Besar
Air terjun Carat Besar memiliki ketinggian sekitar 100 m dengan dikelilingi tebing yang tinggi dan terjal, sehingga tidak bisa mendekati air terjun dan hanya bisa dilihat dari kejauhan.

16. Air Terjun Gitgit
Air terjun gitgit merupakan air terjun yang paling populer di buleleng karena akses menuju lokasi air terjun ini sangat mudah. Pengunjung ke air terjun ini didominasi oleh wisatawan mancanegara yang sedang berlibur ke bali, khususnya ke bali  utara. Untuk menuju lokasi air terjun pengunjung akan menyusuri jalan setapak, melintasi areal persawahan,  kebun kopi dan cengkeh dengan alam sekitar air terjun yang masih asri dan alami, tentunya hawa udara yang segar dan jauh dari polusi.

17. Air Terjun Kroya
Air Terjun Kroya memang air terjun yang sangat unik karena selain menawarkan view yang sangat keren, kita bisa main prosotan lho di air terjun ini. Prosotoan yang terbentuk di air terjun ini merupakan prosotan alami. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter, wow kebayang bukan bagaimana rasanya bermain prosotan dengan ketinggian seperti itu. Ini dapat digunakan untuk uji adrenalin kita. Penasaran? Lokasi: Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada

18. Air Terjun Yeh Selem
Yeh Selem artinya air hitam. Air terjun yeh selem bukan airnya lho yang berwarna hitam tetapi air pada kolam sebagai tempat jatuhnya air berwarna hitam atau kebiruan karena bebatuan yang berada di bawah kolam yang sangat halus berwarna hitam yang terpadu dengan warna air yang berwarna biru karena kolamnya cukup dalam. Lokasi: Desa Pangkung Paruk, Kecamatan Seririt.

19. Air Terjun Jembong
Air terjun Jembong tidak seperti air terjun pada umumnya yang airnya jatuh tegak atau dengan kemiringan yang hampir tegak, sedangkan air terjun jembong memiliki kemiringan sekitar 75%, jika dilihat secara sekilas hampir mirip seperti air terjun kanto lampo yang ada di gianyar. Untuk menuju air terjun ini kita harus melewati perkebunan milik warga setempat. Air terjun ini memiliki aliran air yang jernih dan juga memiliki kolam yang bisa digunakan untuk mandi dan berenang. Lokasi: Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada

20. Air Terjun Wana Ayu
Air Terjun Wana Ayu memiliki ketinggian sekitar 35 m dengan kolam penampungan dibawahnya sedalam pinggang orang dewasa. Untuk menuju lokasi air terjun kita akan dihadapkan dengan puluhan anak tangga yang menghiasi jalan menuju air terjun ini. sekitar air terjun terdapat pepononan yang menghijau dan rimbun sehingga kesannya benar-benar sangat alami. Lokasi: Dusun Runuh Kubu, Desa Padangbulia, Kecamatan Sukasada

21. Air Terjun Tinggarsari
Air terjun Tinggarsari merupakan air terjun yang baru dikenal oleh wisatawan. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter ini memiliki debit air yang cukup besar. Air terjun ini benar-benar sepi pengunjung dari kunjungan. Di bawah air terjun terdapat kolam kecil yang dangkal, sehingga anda bisa mandi menikmati guyuran air dari mata air pegunungan yang segar. Lokasi: desa Tinggarsari, Kecamatan Busungbiu

22. Air Terjun Puncak Manik
Air terjun pucak manik memiliki debit air yang relatif stabil entah itu musim kemarau maupun musim penghujan, hanya saja pada musim penghujan agak lebih besar debitnya karena ada tambahan air hujannya. Untuk menuju air terjun ini kita akan melewati ratusan anak tangga buatan dari tanah. Jadi disarankan untuk datang pada musim kemarau, karena pada musim hujan jalannya akan becek dan licin. Melewati perkebunan kopi dengan anak tangganya yang banyak tentu akan memerlukan tenaga yang ekstra untuk menjangkau air terjun ini. begitu sampai di air terjun kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam air terjun yang banyaknya ada tiga lho, sungguh keren. Lokasi: Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasda.

23. Air Terjun Sing-Sing
Air Terjun Singsing memiliki tinggi sekitar 12 meter. Air terjun ini juga memiliki kolam dengan kedalaman mencapai 3 meter. Untuk bisa menikmati indahnya air terjun ini kita harus melalui jalan setapak yang panjangnya mencapai 600 meter dan melalui perkebunan miliki warga setempat. Di sini terdapat dua air terjun lho, jarak antara kedua air terjun ini sekitar 100 meter. Suasana di air terjun ini sangat tenang, sangat cocok untuk menenangkan diri dan sejenak menjauhkan diri dari semua masalah. Lokasi: Banjar Labuhan Haji, Desa Temukus, Kecamatan Banjar

24. Air Terjun Colek Pamor
Air Terjun Colek Pamor memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Lokasi yang jauh di tengah hutan, sehingga untuk menuju lokasi ini kita harus berjalan kaki. Suasana air terjun ini masih begitu alami sehingga sering dimanfaatkan oleh wisatawan untuk kegiatan tracking. Walaupun tidak begitu tinggi, namun air terjun ini memiliki debit air yang cukup besa dan memiliki kolam dengan genangan air yang jernih dan kedalaman mencapai dua meter. Lokasi: Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada

25. Air Terjun Ceburan
Air terjun Ceburan memiliki pemandangan yang asri. Akan tetapi jalan untuk menuju lokasi air terjun berkelok kelok dan naik turun. Begitu sampai di lokasi air terjun, kita akan disajikan dengan pemandangan alam yang indah dan hijau. Lokasi: Desa Bengkel, Kecamatan Busung Biu

26. Air Terjun Pucuk
Air terjun pucuk memiliki ketinggian 16 meter. Uniknya, dari ketinggian 16 meter kita bisa melompat ke kolam yang biru dan airnya yang segar. Selain keindahan air terjun, tempat ini sangat cocok untuk tempat berkemah karena memiliki area yang cukup luas. Tempat yang sangat bagus untuk berfoto selfie. Lokasi: Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada

27. Air Terjun Kembar Sambangan
Air Terjun Kembar Sambangan memiliki ketinggian 10 meter. Di air terjun ini kita bisa melompat dari atas air terjun lho. Lokasi: Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada

28. Air Terjun Cemara
Air terjun Cemara memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan untuk menuju lokasi ini kita akan disuguhkan dengan peraswahan yang hijau. Dengan deburan air yang sangat keras dan hembusan angin akan membuat anda nyaman berada di air terjun tersebut. Air terjun ini memiliki kolam yang dangkal. Lokasi: Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada

29. Air Terjun Canging
Walaupun namanya tidak begitu populer, air terjun canging menawarkan alam pemandangan yang sangat berkesan. Betapa tidak, untuk mengunjungi lokasi air terjun ini kita harus menelusuri jalan setapak yang panjangnya mencapai 700 meter lho. begitu anda sampai, maka kelelahan kita akan terbayar dengan indahnya air terjun ini. Walaupun tidak begitu tinggi, namun memiliki air yang jernih dan debit air cukup besar, mampu membuat wisatwan untuk menatap berlama-lama keindahan air terjun ini. Lokasi: Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada

30. Air Terjun Dedari
Air terjun Dedari merupakan salah satu dari 7 air terjun cantik yang ada di desa sambangan. Air terjun ini berada agak di tengah hutan yang berdekatan dengan air terjun Cemara dan Air Terjun Canging. Lokasi: Desa Sambangan, Kecamatan  Sukasada

31. Air Terjun Bengbengan
Air Terjun Bengbengan berada di daerah pegunungan sehingga memiliki udara yang sejuk. Tentunya airnya juga sangat sejuk. Air terjun ini berada dekat dengan hutan serta dekat dengan kebun kopi dan cengkeh milik warga setempat. Lokasi: Dusun Nangka, Desa Lemukih kecamatan Sawan

32. Air Terjun Fiji
Air terjun Fiji menawarkan keindahan air terjun yang sangat memukau. Untuk menuju lokasi ini kita harus berjalan kaki yang panjang rutenya mencapai 1,5 km. sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan sawah yang berundak-undak, sehingga perjalanan anda tidak akan membosankan. Begitu anda sampai di air terjun ini, anda akan melihat surga tersembunyi di bali utara. Pokoknya benar-benar wow. Lokasi: Banjar Nyuh, Desa Lemukih, Kecamatan Sawan

33. Air Terjun Amer Pakisan
Air terjun Amer Pakisan merupakan tempat wisata air terjun yang baru dikelola oleh warga setempat untuk dijadikan objek wisata. Air terjun yang katanya memiliki ketinggian sekitar 70 meter ini, akan menjadi objek wisata andalan dari kecamatan Kubutambahan. Untuk menuju ke lokasi air terjun ini katanya akan menempuh perjalanan sekitar 10 menit dari kantor desa Pakisan. Lokasi: Desa Pakisan, Kecamatan Kubutambahan

34. Air Terjun Yeh Bayah
Air terjun Yeh Bayah masih berada dekat dengan air terjun Amer Pakisan. Belum banyak info yang bisa digali akan keberadaana air terjun ini. Bagi yang penasaran akan potensi air terjun ini silahkan tanyakan kepada warga di desa pakisan tentang lokasi air terjun ini.


Wow, ternyata banyak juga tempat wisata air terjun di singaraja (buleleng), bali utara. Tidak salah kalau ada yang menyebut buleleng sebagai surganya tempat wisata air terjun di Bali. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata air terjun di Bali khususnya di Buleleng. Salam longtiper.

0 Response to "Inilah Tempat Wisata Air Terjun Di Singaraja (Buleleng) Bali "

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif