T9/28/2016

Tempat Wisata Pantai Bias Tugel Karangasem Bali

Pantai pasir putih menjadi primadona bagi wisatawan yang berkunjung ke pulau Bali. Tidak hanya diburu oleh wisatawan lokal, pantai dengan pasir putih juga diburu oleh wisatawan mancanegara. Tidak mengherankan jika kita sering melihat para bule berjemur di pantai-pantai yang berpasir putih. Salah satu pantai pasir putih yang menjadi incaran para wisatawan lokal dan mancanegara yakni Pantai Bias Tugel.
Tempat Wisata Pantai Bias Tugel
Pantai Bias Tugel Karangasem

Pantai Bias Tugel bagi wisatawan asing lebih dikenal dengan nama White Sand Beach lokasinya sangat terpencil dan tersembunyi. Tidak seperti pantai Kuta yang memiliki garis pantai yang sangat penjang. Pantai Bias Tugel justru kebalikannya, di mana pantai ini memiliki garis pantai yang tidak begitu panjang (kira-kira 200 meter).

Karakteristik pantai ini mirip seperti Pantai Perasi (virgin beach) yang berada di balik Bukit Asah tersebut. Di mana di kanan kiri pantai ini diapit oleh bebatuan karang yang berwarna hitam. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri, di sebelah kanan (jika kita menghadap ke laut lepas) terdapat water blow yang mirip seperti water blow di Nusa Dua, hanya saja cipratan/ledakan airnya tidak sebesar yang ada di Nusa Dua.
Tempat Wisata Pantai Bias Tugel Karangasem Bali
Water Blow di pantai Bias Tugel
Bagi yang suka berpetualang menikmati indahnya panorama bawah laut, di pantai Bias Tugel tempatnya, karena di sini terdapat spot untuk snorkeling. Air lautnya bening sangat memudahkan kita untuk melihat view di bawah laut. Tidak hanya view bawah lautnya yang menjadi daya tarik, pemandangan alam sekitar pantai juga sangat menawan. Duduk di atas batu karang hitam dengan pepohonan di atasnya dan diterpa angin laut sungguh suasana yang sangat nyaman. Berwisata ke pantai Bias Tugel merupakan alternatif bagi yang tidak terlalu suka dengan suasana hiruk pikuk dan ingin mencari tempat lebih tenang. Aktivitas yang mungkin bisa dilakukan di pantai ini yakni berenang, berjemur, memancing, snorkeling, berfoto, dan duduk santai di atas batu karang.

Walaupun lokasi pantai ini dekat dengan pelabuhan Padang Bai (jalur penyebrangan Lombok-Bali dan Bali-Nusa Penida), pantai ini masih sepi dari pengunjung. Oleh karena itu pantai ini dikatakan sebagai salah satu pantai tersembunyi (hidden beach) yang ada di pulau Bali. Dari pelabuhan Padang Bai, pantai ini berjarak sekitar 700 meter dan hanya memerlukan waktu kira-kira 10 menit untuk menuju pantai ini dengan jalan kaki. Akan lebih baik menggunakan kendaraan bermotor karena sudah tersedia jalan beraspal yang sangat baik dan area parkir yang dikelola oleh desa adat sepempat.

Dari area parkir kita akan menuruni jalan berundak yang cukup banyak. Di ujung jalan berundak ini kita diberikan petunjuk arah ke kiri untuk menuju pantai Bias Tugel. Dengan memasuki sebuah pintu kita akan melewati bukit dengan pepohonan. Dari atas bukit ini kita bisa melihat indahnya panorama di bawahnya. Terkadang kita melihat kapal yang berlayar menuju ke Pulau Lombok atau sebaliknya. Dari kejauhan kita akan melihat  pantai Candidasa serta gugusan bukit yang membentang indah.

Untuk menikmati keindahan pantai ini kita akan dipungut biaya retribusi yang dikelola oleh desa adat setempat. Biaya karcis masuk untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000,00 dan juga kita akan dikenakan dana kebersihan lingkungan sebesar Rp 2.000,00 per orang.

Lokasi dan Cara Akses Pantai Bias Tugel

Lokasi pantai Bias Tugel terletak di Desa Padang Bai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Dari pusat kota Denpasar hanya menempuh jarak kurang lebih 40 km atau dengan waktu tempuh kurang lebih 68 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Sedangkan dari bandara Ngurah Rai kita akan menempuh jarak 54 km atau dengan waktu tempuh 80 menit perjalanan. Berikut cara akses ke Pantai Bias Tugel dari bandara Ngurah Rai dan objek wisata yang mungkin bisa dikunjungi.

Begitu keluar dari kawasan bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan menuju jalan tol Bali Mandara menuju jalan By Pas Ngurah Rai ke timur hingga ke Patung Titi Banda (patung Sri Rama dengan pasukan keranya). Adapun objek wisata yang bisa dikunjungi di sini yakni pantai di kawasan Sanur dan gong perdamaian Kertalangu).

Dari patung Titi Banda arahkan kendaraan anda ke timur menuju jalan By Pass Prof Dr Ida Bagus Mantra hingga ke tugu perbatasan kabupaten Karangsem dan kabupaten Klungkung. Adapun objek wisata yang bisa dikunjungi yakni pantai-pantai di sepanjang jalan by Pass Ida Bagus Mantra, Taman Safari dan Bahari Bali, Pura Goa Lawah, pantai Goa Lawah, proses pembuatan garam tradisional (natural salt maker), dan pantai Belatung.

Dari perbatasan kabupaten Karangsem-Klungkung lanjutkan perjalanan hingga menemukan lampu pengatur lalu lintas (trafic light) lalu belok ke kanan menuju pelabuhan Padang Bai. Tepat di gerbang pelabuhan terdapat sebuah jalan beraspal disebelah kanan. Ikuti jalan tersebut maka akan diarahkan ke area parkir pantai bias Tugel dan harus melewati pos untuk membayar parkir serta dana kebersihan lingkungan. Adapun objek wisata yang bisa dikunjungi yakni pantai Wates, pantai Yeh Malet, pantai Bloo Lagoon, pantai Padang Bai (pantai Silayukti), dan pelabuhan padang Bai.


Dari area parkir kita akan menuruni anak tangga dan pintu masuk sebelah kiri maka kita akan melewati hutan gersang dengan pepohonan yang rimbun. Setelah melewati hutan gersang tersebut kita akan melihat sebuah pantai yang pasir putih dengan ombaknya cukup deras. Nah itulah pantai Bias Tugel.

0 Response to "Tempat Wisata Pantai Bias Tugel Karangasem Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif