free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Cemongkak Badung Bali
T7/31/2017

Tempat Wisata Pantai Cemongkak Badung Bali

Iklan
Iklan
Anda ingin mencari pantai pasir putih yang tidak begitu ramai pengunjungnya di kawasan Badung Bali? Silahkan datang ke tempat wisata pantai Cemongkak. Pantai yang berada di kaki tebing ini merupakan salah satu pantai tersembunyi (hidden beach) di Bali Selatan. Saking tersebunyinya pantai ini sepi dari wisatawan. Admin sudah dua kali mengunjungi pantai ini. Pada kunjungan pertama, admin menemukan pengunjung pantai yang sedang melakukan sesi foto praweding, sedangkan pada kunjungan yang kedua pantai ini benar-benar sepi, bahkan jejak kaki pun tidak terlihat di pantai ini.
Pantai Cemongkak Badung Bali
Pantai Cemongkak Bali
Pantai ini benar-benar indah, hanya saja akses yang sulit untuk menuju ke pantai ini yang membuat pengunjung enggan menikmati indahnya panorama di sini. Sebenarnya pantai ini diapit oleh dua pantai yang sangat terkenal. Di sebelah utara terdapat pantai Dreamland yang hampir tiap hari “diserbu” oleh wisatawan, baik wisatawan asing maupun wisatawan domestik. Sedangkan di sebelah selatan terdapat pantai Bingin yang terkenal akan ombaknya yang bagus dan menjadi spot surfing yang paling popular bagi kalangan surfer terkenal.

Untuk menikmati indahnya panorama pantai Cemongkak yang memikat hati ini, bisa dilakukan di atas tebing atau turun ke kaki tebing yang bersentuhan langsung dengan pasir putihnya. Dari atas tebing kita bisa melihat indahnya laut lepas sambil menikamti suguhan matahari tenggelam di sore hari. Sedangkan jika kita turun, bisa menikmati panorama pantai yang dibentengi sebuah tebing tinggi dan menghijau. Jika kita perhatikan sekilas, pantai ini mirip seperti pantai suluban (blue point beach) yang juga dikelilingi oleh sebuah tebing tinggi.

Sepertinya di kawasan pantai cemongkak ini pernah berdiri sebuah bar atau restoran, terbukti dari adanya sisa-sisa reruntuhan bangunan yang hancur dan sama sekali tidak layak dipergunakan. Pantai ini benar-benar belum terdapat fasilitas seperti pantai-pantai lainya, hanya terdapat sebuah tangga beton untuk menuruni pantai ini dari atas tebing yang curam.
Tempat Wisata Pantai Cemongkak Badung Bali
View Pantai Cemongkak dari tangga tebing
Perlu diperhatikan, karena kawasan pantai Cemongkak merupakan kawasan pantai yang masih kosong, jangan berharap di kawasan pantai ini anda menemukan pedagang makanan atau minuman. Jadi, saat mengunjungi pantai ini disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman, setidaknya anda membawa air mineral.

Aktivitas yang mungkin bisa dilakukan di pantai Cemongkak yakni duduk santai menikmati deburan ombak atau menikamti indahnya sunset, berjemur, berenang, memancing dan berfoto-foto. Kita bisa menikmati keindahan Pantai Cemongkak dengan damai tanpa gangguan hiruk pikuk wisatawan lain. Bagi yang hobi memancing, kawasan pantai Cemongkak merupakan spot memancing yang sangat bagus, terdapat sebuah batu besar agak ke tengah laut yang bisa digunakan sebagai tempat duduk untuk memancing.

Lokasi dan Cara Akses ke Pantai Cemongkak

Pantai Cemongkak Pecatu berada di Jalan Pantai Cemongkak, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Dari Bandara Ngurah Rai berjarak kurang lebih 18 km, dari pusat Kota Denpasar berjarak 34 km, dari Pantai Pandwa berjarak kira-kira 13 km dan dari Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berjarak kira-kira 9 km. Silahkan lihat Google Map di bawah ini untuk melihat posisi pantai Cemongkak.
Untuk mencapai Pantai Cemongkak tidaklah sulit. Arahkan kendaraan anda menuju Jalan Pura Uluwatu, sesampai di depan kantor kepala Desa Pecatu akan menemukan pertigaan, kemudian berbelok ke kanan menuju Jalan Labuan Sait. Beberapa kilometer memasuki jalan ini anda akan menemukan persimpangan ke arah kanan, itulah Jalan Pantai Cemongkak. Ikuti jalan itu tersebut, di belokan terakhir sebelum jalan ini berujung tepat di depan El Kabron, anda akan menemukan jalan setapak berlantai semen di sepanjang pagar tembok sebuah lahan kosong.

Di ujung jalan setapak akan ada tangga untuk menuruni tebing. Meskipun cukup terjal, tangganya mudah untuk dilalui tetapi harus berhati-hati karena pegangan tangga ini tidak begitu bagus, selain itu tebingnya juga tidak terlalu tinggi, tidak terlalu menguras tenaga untuk turun maupun naik.

Bagaimana? Anda tertarik mengunjungi pantai Cemongkak. Jika anda ingin menikmati keindahan pantai yang masih alami dan suasana yang tenang, cobalah berkunjung Pantai Cemongkak Bali. Adapun objek wsiata yang dekat dengan pantai Cemongkak Pecatu yakni pantai Bingin, Pantai Dreamland, Pantai Padang-Padang, Pantai Suluban, Pantai Pandawa, Pantai Melasti, Pantai Batu Pageh, Pantai Gunung Payung, Pantai Balangan, dan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK).
Iklan