T9/07/2017

Inilah Air Terjun Yang Ada di Tiap Kabupaten di Bali Lengkap

Pulau Bali memiliki luas wilayah sekitar 5.633 km² atau 4,4% dari luas pulau Jawa. Walaupun memiliki luas wilayah yang terbilang sangat kecil, namun memiliki objek wisata air terjun alami yang banyak sekali. Setidaknya terdapat 75 lebih titik air terjun yang tersebar di seluruh kabupaten di pulau Bali. 
Inilah Air Terjun Yang Ada di Tiap Kabupaten di Bali Lengkap
Salah satu air terjun Di Bali

Beberapa air terjun yang ada di bali, ada yang sudah terkenal hingga keluar negeri karena keunikan dan keindahnnya. Ada juga air terjun yang baru ditemukan, sehingga sedang ngehits (populer) di media sosial. Inilah air terjun yang ada di tiap kabupaten di Bali yang perlu kamu ketahui.

Badung
Untuk wisata alam, badung merupakan surganya objek wisata pantai pasir putih yang memukau. Di kabupaten yang memiliki semboyan “Ҫura Dharma Raksaka” ini juga memiliki objek wisata air terjun alami yakni:
1. Air Terjun Nungnung
2. Air Terjun Bidadari (Ayung)
3. Air Terjun Batu Lantang
4. Air Terjun Sulangai

Bangli
Bangli merupakan satu-satunya kabupaten di bali yang tidak memiliki garis pantai, sehingga sering disebut sebagai “kabupaten tanpa pantai” di bali. Karena tidak memiliki, objek wisata alam pegunungan yang menjadi andalan dari kabupaten yang mendapat julukan “bumi sejuk” ini. Selain itu, bangli juga memiliki banyak tempat wisata air terjun yang menarik untuk dikunjugi, yakni sebagai berikut.
1. Air Terjun Tukad Cepung
2. Air Terjun Tibumana
3. Air Terjun Tangkub
4. Air Terjun Dusun Kuning
5. Air Terjun Dedari
6. Air Terjun Kutuh
7. Air Terjun Pengibul
8. Air Terjun Bunutin
9. Air Terjun Jelekungkang
10. Air Terjun Ulu Bebengan
11. Air terjun Malet Kuta Mesir
12. Air terjun Giri Campuhan
13. Air Terjun Sangsang

Buleleng
Buleleng merupakan surganya tempat wisata air terjun di bali. Di kabupaten yang mendapat julukan “bumi panji sakti” ini di sini banyak sekali ditemukan titik air terjun. Bahkan air terjun di kabupaten buleleng jumlahnya terbanyak yang ada di pulau bali. Berikut daftar air terjun yang ada di kabupaten “singa ambarajara” ini.
1. Air Terjun Bertingkat
2. Air Terjun Campuhan (kembar)
3. Air Terjun Lembah Jian
4. Air Terjun Mekalongan
5. Air Terjun Lemukih
6. Air Terjun Yeh Mampeh (les)
7. Air Terjun Melanting
8. Air Terjun Munduk
9. Air Terjun Banyumala
10. Air Terjun Tembok Barak
11. Air Terjun Aling-Aling
12. Air Terjun Jambangan
13. Air Terjun Pemuatan (Sekumpul)
14. Air Tejun Carat Kecil
15. Air Terjun Carat Besar
16. Air Terjun Gitgit
17. Air Terjun Kroya
18. Air Terjun Pangkung Paruk
19. Air Terjun Jembong
20. Air Terjun Wana Ayu
21. Air Terjun Tinggarsari
22. Air Terjun Puncak Manik
23. Air Terjun Sing-Sing
24. Air Terjun Colek Pamor
25. Air Terjun Ceburan Desa Bengkel
26. Air Terjun Pucuk
27. Air Terjun Kembar Sambangan
28. Air Terjun Cemara
29. air Terjun Canging
30. Air Terjun Dedari
31. Air Terjun Bengbengan
32. Air Terjun Fiji

Denpasar
Untuk kota madya denpasar belum ditemukan air terjun karena wilayah kota madya denpasar berupa daerah datar, sehingga tidak terdapat air terjun di wilayah ini.

Gianyar
Tidak hanya terkenal akan wisata seninya, di gianyar juga memiliki objek wisata air terjun. Air terjun yang ada di “bumi seni” merupakan air terjun yang terdekat dengan kota denpasar dan bandara ngurah rai, sehingga air terjun di kabupaten ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Berikut air terjun yang ada di kabupaten gianyar yang perlu kamu ketahui.
1. Air Terjun Tegenungan
2. Air Terjun Goa Rang Reng
3. Air Terjun Kanto Lampo
4. Air Terjun Petanu
5. Air Terjun Manuaba

Jembrana
Jembrana merupakan kabupaten terluas ketiga di provinsi bali. Di kabupaten yang mendapat julukan “bumi makepung” ini terdapat 17 sungai induk dan 20 anak sungai. Oleh karena itu, seharusnya di kabupaten ini ada banyak titik air terjun. Tetapi untuk saat ini air tejun yang sudah diketahui sedikit sekali. Mungkin karena belum ada yang mengekspos air terjun ini, sehingga tidak banyak tahu akan keberadaan air terjun di kabupaten ini. Berikut air terjun yang ada di kabupaten jembrana.
1. Air Terjun Juwuk Manis
2. Air Terjun Yeh Mesehe
3. Air Terjun Yeh Embang Kangin
4. Air Terjun Grojogan (Yeh Buah)

Karangasem
“Bumi Magibung” itulah julukan untuk kabupaten karangasem ini, karena sampai sekarang di kabupaten ini masih mempertahankan tradisi magibung (makan bersama dalam satu wadah yang besar). Perlu diketahui, kabupaten ini juga memiliki objek wisata air terjun, walaupun tidak terkenal seperti air terjun yang ada di bali utara. Berikut air terjun yang ada di kabupaten “bumi lahar” ini.
1. Air Terjun Jaga Satru
2. Air Terjun Yeh poh
3. Air Terjun Telaga Waja
4. Air Terjun Yeh Labuh
5. Air Terjun Tibumati
6. Air Terjun Tibu Kresek

Klungkung
Kabupaten Klungkung merupakan kabupaten dengan luas wilayah paling kecil (hanya 5,45%) di provinsi Bali, dan terbagi menjadi dua wilayah yakni klungkung daratan dan klungkung kepulauan. Kabupaten yang mendapat julukan “bumi sermbotan” ini juga memiliki air terju, yakni:
1. Air Terjun Peguyangan Nusa Penida
2. Air Terjun Seganing Nusa Penida

Tabanan
Tabanan tidak hanya memiliki objek wisata danau beratan dengan pura ulun danu beratan yang terkenal hingga ke mancanegara, tetapi juga memiliki objek wisata air terjun yang saying dilewatkan jika datang ke “bumi lumbung beras” ini. Berikut air terjun yang ada di kabupaten tabanan yang perlu kamu ketahui.
1. Air Terjun Blahmantung
2. Air Terjun Pengempu
3. Air Terjun Leke-leke
4. Air Terjun Yeh Hoo
5. Air Terjun Desa Belimbing
6. Air Terjun Melasti
7. Air Terjun Sade
8. Air Terjun Angseri
9. Air Terjun Singsing Angin

Nah itu air terjun yang adadi tiap kabupaten di bali. Seiring berjalannya waktu, akan ditemukan titik-titik air terjun yang baru. Akan admin update lagi jika ditemukan titik air terjun baru lagi. Semoga artikel ini menjadi refrensi wisata anda ke bali, khususnya bagi pecinta air terjun alami. Silahkan baca info tempat wisata di bali yang lainnya di blog ini. Salam longtriper.

0 Response to "Inilah Air Terjun Yang Ada di Tiap Kabupaten di Bali Lengkap"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif