free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Cucukan Gianyar Bali
T10/09/2015

Tempat Wisata Pantai Cucukan Gianyar Bali

Iklan
Iklan
Kabupaten Gianyar merupakan salah satu kabupaten yang ada di Bali yang memiliki julukan "Bumi Seni", karena hampir berbagai jenis kesenian tercipta di kabupaten ini seperti seni tari, seni lukis, seni tabuh, seni musik, seni patung dan kesenian yang lainnya. Walaupun Kabupaten Gianyar terkenal dengan hasil karya seninya, juga memiliki tempat wisata pantai yang sudah terkenal sampai ke mancanegara, seperti Pantai Lebih, Pantai Keramas dan Pantai Ketewel. Walaupun tidak berpasir putih, pantai-pantai yang ada di Kabupaten Gianyar cukup terkenal karena memiliki ombak yang cukup bagus, sehingga menjadi surga bagi yang memiliki hobi sebagai peselancar.

Tempat Wisata Pantai Cucukan Gianyar Bali
Pantai Cucukan yang berpasir hitam


Dari sekian banyaknya pantai yang ada di Kabupaten Gianyar ada sebuah pantai yang namanya Pantai Cucukan. Tempat wisata Pantai Cucukan boleh dibilang objek wisata tersembunyi karena tidak begitu banyak orang yang tahu akan keberadaan pantai ini. Pantai ini diberinama Pantai Cucukan karena berada di Banjar Cucukan, Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Kabuaten Gianyar, bali. Untuk mengakses pantai ini sangatlah mudah karena sudah ada jalan yang beraspal untuk menuju pantai ini. Pantai ini berada di sebelah barat objek wisata Pantai Lebih. Jadi untuk mengakses pantai ini bisa juga dengan menyusuri pantai lebih ke barat.

Pantai cucukan memiliki pasir hitam yang masih alami dan asri serta tidak dibeton seperti pantai lebih. Pantai yang berada di sebelah timur Pantai Masceti ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan surfing karena memiliki ombak yang cukup besar. Pantai ini masih sepi dari pengunjung sehingga sangat cocok untuk kegiatan bersantai sambil menikmati indahnya panorama lautnya. Aktivitas warga setempat sebagai nelayan sehingga dipinggir pantai Anda akan menyaksikan beberapa perahu atau jukung para nelayan yang berjejer rapi pada siang hari sehingga menambah indahnya panorama pantai ini.

Jalan Menuju Pantai Cucuckan


Tempat wisata pantai cucukan sangat dekat dengan objek wisata Bali Safari and Marine Park. Jika Anda datang dari kawasan Pantai Kuta maka perlu waktu kurang lebih satu jam perjalanan untuk mencapai pantai ini. Dengan menyusuri jalan By Pass Ida Bagus Mantra ke timur, setelah ada plang petunjuk arah menuju objek wisata bali safari maka majukan sedikit kendaraan Anda kira-kira 100 meter lalu belok ke kanan dan akan menemukan plang petunjuk arah menuju pantai cucukan. Jadi, akan lebih mudah mengakses pantai ini jika datang dari kawasan timur jalan By Pass Ida Bagus Mantra misalnya dari kota Semarapura, objek wisata Candidasa, atau objek wisata Goa Lawah.


Jika Anda ingin menikmati indahnya matahari terbit di pantai cucukan maka datanglah pada pagi hari. Oleh karena itu, Anda harus menyewa penginapan disekitar kawasan Pantai Cucukan. Anda jangan khawatir dengan masalah penginapan karena disekitar Pantai Cucukan sudah tersedia beberapa penginapan dengan harga yang terjangkau, dengan nuansa alam pedesaan dan asri yang bisa menjauhkan anda dari segela kebisingan dan hiruk pikuk kota. Sehingga malam harinya Anda bisa menikamti wisata kuliner khas laut di pantai lebih.
Pantai Cucukan Gianyar Bali
Pantai Cucukan pada siang hari

Bagi yang ingin berenang dikawasan ini suapaya berhati-hati, karena di sepanjang pantai yang berada dikawasan jalan By Pass Ida Bagus Mantra memiliki arus yang cukup kuat, termasuk Pantai Cucukan. Jadi disarankan untuk tidak berenang dikawasan ini. Aktivitas yang mungkin bisa dilakukan di pantai cucukan yakni memancing, bermain karena memiliki area pantai dengan pasir hitam yang cukup luas, berjemur, duduk santai, dan berfoto.

Adapun objek wisata yang dekat dengan pantai cucukan yakni objek wisata bali safari dan marine park, pantai lebih, pantai masceti, objek wisata kerta gosa, desa wisata kamasan, pantai watu klotok, pantai lepang, pantai siyut, pantai tegal besar, pantai keramas, pantai wilis, pantai saba, dan pantai purnama. Jadi, selain bisa menikmati keindahan objek wisata pantai cucukan anda juga bisa berkesempatan untuk menikmati keindahan objek wisata lainnya yang dekat dengan pantai cucukan. Bagaimana? Anda tertarik? Silahkan persiapkan diri Anda untuk menikamti indahnya pantai cucukan.
Iklan