free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Saba Gianyar
T10/13/2015

Tempat Wisata Pantai Saba Gianyar

Iklan
Iklan
Gianyar merupakan salah satu kabupaten yang ada di Bali yang menyuguhkan banyak keindahan atraksi seninya, misalnya tari barong dan kecak di Desa Batubulan dan keindahan objek wisata Taman Nusa yang menyuguhkan keindahan seni dan budaya bangsa Indonesia. Selain menyuguhkan keindahan kesenian, kabupaten Gianyar juga menyuguhkan keindahan alamnya. Salah satu keindahan alam yang disuguhkan bagi pecinta travel yakni keindahan pantai Saba.

Tempat Wisata Pantai Saba Gianyar
Aktivitas pengujung pantai Saba pada sore hari
Tempat wisata pantai Saba terletak di Desa Saba, Kecamatan Blahbatu, Gianyar Bali. Pantai ini berada di sebelah barat Pantai Keramas dan sebelah timur dari Pantai Purnama. Untuk mengakses pantai ini sangatlah mudah karena terletak di jalur jalan By Pass Ida Bagus Mantra. Jika Anda datang dari kawasan Bandara Ngurah Rai hanya memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan dengan melalui jalan Tol Bali Mandara kemudian di perempatan pesanggaran belok ke kanan untuk menuju jalan By pass Ngurah Rai. Setelah di ujung jalan By Pass Ngurah Rai akan menemukan objek wisata baru yaitu Patung Titi Banda. Dari Patung Titi Banda arahkan kendaraan Anda menuju jalan By Pass Ida Bagus Mantra ke timur dan nanti akan menemukan petunjuk arah untuk menuju Pantai Saba kemudian belok ke kanan dan ikuti jalan tersebut maka Anda akan diarahkan untuk menuju pantai Saba.

Jika Anda datang dari kawasan Kota Denpasar hanya menepuh watu perjalanan kira-kira 30 menit dengan melalui jalan By Pass Ida Bagus Mantra. Dari Kota Gianyar untuk menuju pantai ini akan menempuh jarak kurang lebih 4 km. Jika Anda datang dari kawasan Bali Selatan (Pantai Nusa Dua, Pantai Jimbaran, dll) untuk berlibur ke kawasan Bali Timur (Taman Ujung, Pantai Candidasa, Pura Besakih, dan Taman Tirta Gangga) maka Anda akan melalui jalan By Pass Ida Bagus Mantra tentunya akan melewati pantai ini.

Objek wisata Pantai Saba menyuguhkan keindahan panorama pantai yang menawan yang menawan dengan pasir hitam yang berkilau jika tertimpa sinar mentari. Bagi pecinta surfing maka pantai ini cocok untuk berolahraga surfing karena ombaknya cukup besar. Selain itu pantai ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu pesisir pantai terbelah oleh adanya aliran sungai yang bermuara kelaut serta tebing tinggi membatasi pantai, sementara di sebelah selatan pantai terdapat Pura Sukaluwih.

Jika Anda ingin menikmati indahnya pemandangan alam saat matahari terbit maka datanglah ke pantai ini pada saat menjelang matahari terbit sambil mandi pagi atau sekedar berolahraga kecil menikmati indahnya pagi. Akan tetapi pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan pada saat sore hari hanya untuk sekedar bersantai melepas lelah sambil menikmati indahnya pemandangan pantai saat menjelang malam, dan tentunya dihari-hari libur.

Aktivitas yang mungkin bisa dilakukan di Pantai Saba antara lain berjemur  menghangatkan badan, berselancar, memancing, bermain voli atau sepak bola serta dapat menikmati olahraga berkuda. Dengan menelusuri pantai Saba yang memiliki pasir hitam sambil berkuda, anda akan merasakan sensasi yang berbeda dengan melihat pemandangan pantai dan perahu traditional milik masyarakat. Pantai ini juga dijadika sebagai tempat melakukan upacara-upacara keagamaan seperti Melasti dan serangkaian upacara Ngaben.

Untuk mendukung kegiatan pariwisata di Pantai Saba maka pemerintah setempat sudah menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung antara lain penginapan (villa), pendopo, warung makanan dan minuman, area parkir yang cukup luas dan toilet serta tempat penyewaan kuda. Bagaimana? Anda tertarik mengunjungi pantai Saba? Silahkan siapkan diri Anda untuk mengunjungi pantai ini. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen penting Anda saat liburan ke pantai ini. Objek wisata yang dekat dengan pantai Saba antara lain Pantai Masceti, Pantai Purnama, Pantai Keramas, Pantai Lebih, Pantai Siyut, Taman Safari, dan Pantai Ketewel.
Iklan