free counter with statistics Tempat Wisata Dari Padang Bai Menuju Singaraja Melalui Kintamani
T12/24/2015

Tempat Wisata Dari Padang Bai Menuju Singaraja Melalui Kintamani

Iklan
Iklan
Pelabuhan Padang Bai merupakan salah satu pelabuhan yang letaknya di Bali Timur dan memiliki panorama alam yang menawan hati. Begitu Anda menginjakan kaki di pelabuhan ini, mata kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang memukau mata. Pelabuhan ini merupakan tempat penyeberangan jalur laut ke Pulau Lombok atau sebaliknya. Jika Anda datang dari pulau Lombok menuju Kota Singaraja melalui jalur laut pasti akan melalui pelabuhan ini.
Tempat Wisata Sekitar Pelabuhan Padang Bai Karangasem
View di Pelabuhan Padang Bai
Untuk menuju Kota Singaraja dari pelabuhan Padang Bai akan melalui jalur yang lumayan panjang mencapai 100-an km dengan waktu tempuh mencapai 3 jam perjalanan dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Selama 3 jam diperjalanan sungguh sangat membosankan, sehingga untuk menghilangkan rasa lelah sebaiknya beristirahat di beberapa tempat wisata. Berdasarkan versi Google Map ada tiga alterntif yang bisa ditempuh jika ingin berpergian ke kota Singaraja dari pelabuhan Padang Bai yani Jalur Kubu, Jalur Kintamani, dan Jalur Bedugul.

Pada postingan kali ini akan mengulas tentang tempat wisata yang bisa dikunjungi dari pelabuhan Padang Bai menuju Kota Singaraja melalui jalur Kintamani (silahan baca juga tempat wisata dari Padang Bai menuju Singaraja melalui Kubu). Jalur ini panjangnya mencapai mencapai 109 km dengan waktu tempuh 2 jam 56 menit (versi Google Map). Adapun rute perjalanan yang bisa ditempuh yakni sebagai berikut.

Begitu keluar dari pelabuhan Padang Bai, akan menemuan pertigaan yang ada lampu pengatur lalu lintas (trafick light) di depan SMK Negeri Manggis. Di trafick light belok ke kiri menuju Jalan Raya Goa Lawah lalu Jalan By Pass Ida Bagus Mantra. Di perempatan Pantai Tegal Besar belok ke kanan (menuju Jalan Tegal Besar) hingga ke perempatan (trafick light) Banjarangkan lalu belok ke kiri. Ikuti jalan tersebut hingga sampai di lapangan Umum Tulikup akan memukan pertigaan (di samping toko Panca Sona), maka belok ke kanan untuk menuju Jalan Kembengan (Jalan Taman Bali) hingga ke Kota Bangli. Di Kota Bangli cari Jalan Nusantara lalu Jalan Raya Penelokan kemudian Jalan Raya Kintamani hingga Jalan Gunung Batur. Di pertigaan Jalan Raya Sangsit belok ke kanan hingga ke Jalan WR Supratman (Kota Singaraja). Adapun objek wisata yang bisa dikunjungi di jalur ini yakni sebagai berikut.

1. Pantai Wates
Pantai ini berada di perbatasan antara kabupaten Klungkung dengan kabupaten Karangasem, tetapi masih berada di kawasan kabupaten Karangasem. Di sini kita akan melihat indahnya laut dengan gugusan pulau nusa penida. Di sini kita bisa istirahat sejenak untuk menikmati segarnya es kelapa muda (Silahkan baca tempat wisata Pantai Wates).

2. Pantai Belatung
Pantai ini masih berada di perbatasan antara kabupaten Karangasem dengan Klungkung tetapi berada di kawasan kabupaten Klungkung. Di sini kita bisa melihat proses pembuatan garam secara tradisional.

3. Pura Goa Lawah
Pura ini berada di pingir jalan Raya Goalawah sehingga begitu melewati jalan ini kita akan melihat keberadaan pura ini. Pura ini memang unik, di mana di dalam pura terdapat sebuah gua yang bernama Goa Lawah yang dihuni ribuan kelelawar (Silahkan baca tempat wisata pura Goa Lawah)

4. Pantai Watu Klotok
Pantai ini berada di Jalan Pantai Klotok. Dari jalan utama (By Pass Ida Bagus Mantra) hanya berjarak 3,3 km dengan kendaraan untuk menuju pantai ini. Di pantai ini terdapat sebuah pura suci yang bernama Pura Watu Klotok. Pantai pasir hitam ini memiliki ombak yang cukup besar untuk bermain surfing. Tidak disarankan untuk mandi di pantai ini karena memiliki arus laut yang sangat kuat (Silahkan baca tempat wisata Pantai Watu Klotok).

5. Pantai Sedayu
Pantai ini berada disebelah barat pantai watu klotok dan berada di jalan Pantai Sedayu. Dari jalan utama (By Pass Ida Bagus Mantra) hanya berjarak 750 meter dengan kendaraan untuk menuju pantai ini. Karakteristik pantai ini sama seperti pantai Watu Klotok (silahkan baca tempat wisata pantai Sedayu).

6. Pantai Lepang
Pantai ini berada di sebelah barat pantai lepang dan berada di jalan Pantai lepang. Hanya berjarak 650 meter dari jalan utama (By Pass Ida Bagus Mantra). Karakteristik pantai ini sama seperti pantai-pantai di sebelah timurnya (pantai watu klotok dan pantai sedayu). Silahkan baca juga tempat wisata pantai Lepang.

7. Pantai Tegal Besar
Pantai ini berada di jalan Pantai Tegal Besar dan hanya berjarak 650 meter dari jalan utama (By Pass Ida Bagus Mantra). Silahkan baca juga tempat wisata pantai Tegal Besar.

8. Taman Nusa
Taman ini mirip seperti taman mini indonesia indah, di mana semua rumah adat di semua provinsi di inonesia ada di taman ini. Di sini kita bisa mempelajari semua kesenian dan adat istiadat yang ada di bumi nusantara. Taman ini berada di Jalan Taman Bali (baca juga tempat wisata Taman Nusa).

9. Desa Wisata Guliang Kangin
Desa ini dikembangkan pariwisata berbasis pelestarian alam dan pemberdayaan masyarakat. Di desa ini kita akan disuguhkan atraksi agraris tradisional seperti membajak sawah (metekap), menanam padi (mamula), numbuk padi (nebuk) dan banyak atraksi lainnya untuk memikat wisatawan untuk datang ke desa wisata Guliang Kangin.

10. Air Terjun Dusun Kuning
Air terjun ini berada di kabupaten Bangli dan merupakan salah satu air terjun terindah di pulau bali. Dari jalan utama (jalan Merdeka) hanya berjarak 1,4 km untuk menuju air terjun ini (silahkan baca tempat wisata air terjun dusun kuning).

11. Desa Tradisional Penglipuran
Desa ini berada di Jalan penglipuran. Hanya berjarak 1 km dari jalan utama (jalan Nusantara). Di sini kita disuguhkan dengan pemandangan sebuah pedesaan tradisional yang unik dengan rumah-rumah yang dibangun dengan rapi. Selain bisa menikmati suasana pedesaan yang sejuk dan nyaman, kita juga bisa mencoba minuman khas bali yakni loloh cemcem. Minuman ini dijual disekitar rumah-rumah penduduk (silahkan baca juga tempat wisata desa penglipuran dan loloh cemcem minuman khas bali)


12. Museum Gunung Api Batur
Di dalam museum ini kita bisa melihat aneka jenis batuan yang berasal dari gunung berapi serta penjelasannya. Lalu juga terdapat beberapa peralatan yang digunakan ilmuwan untuk meneliti gunung berapi. Uniknya, di museum ini Anda dapat menyaksikan film dokumenter tentang perkembangan Gunung Batur dan sejarah-sejarah letusannya yang dahsyat.

13. Tempat Wisata Penelokan
Tempat wisata ini berada di pingir jalan utama jurusan Bangli-Singaraja (jalan Raya Penelokan Kintamani). Di sini kita bisa melihat indahnya danau batur dengan gunung batur yang menjulang tinggi (baca juga tempat wisata Penelokan Kintamani)

14. Danau Batur dan Desa Trunyan
Danau ini berada di bawah tempat wisata penelokan hanya berjarak 3,8 km dengan menuruni jalan berliku-liku. Di danau ini kita bisa melihat indahnya gunung batur dan nelayan yang mencari ikan di danau ini. Tidak jauh dari dermaga kita bisa menyeberang danau dengan menggunaan sebuah perahu atau kapal boat milik warga setempat untuk menuju pemakaman yang unik dari warga desa adat trunyan (baca juga tempat wisata danau batur dan tempat wisata desa trunyan)

15. Air Panas Toya Bungkah
Pemandian air panas ini berada di tepi danau batur dan selalu dikunjungi oleh wisatawan baik itu wisatawan asing maupun wisatawan nusantara. Biasanya wisatawan yang mandi di kawasan ini sehabis melakukan pendakian gunung batur. Dari tempat wisata penelokan hanya berjarak 7,6 km untuk menuju pemandian air panas ini.

16. Air Terjun Carat
Air Terjun ini berada Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng. Dari jalan utama (Jalan Gunung Batur) hanya berjarak 600 m untuk menuju lokasi ini.

17. Pura Beji Sangsit
Pura Beji ini masih belum terlalu familiar di mata wisatawan dan masih jarang wisatawan yang tahu keindahan pura beji ini. Yang paling unik di pura ini adalah ukirannya, di mana hampir tidak ada ruang atau tempat yang lolos dari ukiran yang notabene adalah ukiran khas Buleleng.

18. Pantai Kerobokan
Pantai Kerobokan berada di Jalan Pantai Kerobokan, Kecamatan Sawan, Buleleng. Di sini kita akan melihat indahnya pantai pasir putih di Bali Utara. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal. Pada hari-hari libur pantai ini padat pengunjung.

Nah itu beberapa objek wisata yang bisa Anda kunjungi selama perjalanan menuju Kota Singaraja dari pelabuhan Padang Bai melalui jalur Kintamani. Semoga artikel ini bisa menjadi refrensi wisata Anda selama berwisata ke Bali Timur, Balu Tengah dan Bali Utara.
Iklan